2 Veteran di Medan Terima Cincin Emas

JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Wagubsu (Dr. Hj  Nurhajizah Marpaung SH MH) mengunjungi pejuang kemerdekaan Umbar Subroto yang berusia lebih dari 100 tahun di kediamannya Jl. Sidorukun, Medan [Jumat 18/8]. Kepada Nurhajizah, pria yang ikut mendikan TNI di Sumut ini menitipkan 2pucuk surat yang ia tulis tangan sendiri.

Surat itu ditujukan Umbar kepada Gubsu (Dr. Ir H T Erry Nuradim MSi) dan Wagubsu sendiri. Ketika ditanyakan oleh Wagub tentang isi surat, Umbar enggan menjelaskannya. Dia berkeinginan agar surat itu langsung dibaca sendiri oleh penerima.

Kepada Umbar, Wagubsu bertanya tentang kabar dan kesehatan pria yang pernah mendapat penghargaan dari Presiden RI Soeharto. Dalam kesempatan itu Wagubsu memberikan bingkisan dari Gubsu berupa kain sarung dan juga sebuah cincin emas. Cincin tersebut langsung disematkan Wagubsu ke jari pejuang 45 tersebut.

“Pemberian ini sebagai ungkapan terima kasih kepada Umbra Subroto yang sudah berjuang melawan penjajah di bumi nusantara ini,” jelasnya.

Pada saat itu, Umbar mengatakan dirinya merupakan cikal bakal pendiri TNI dan turut berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Turut dalam kunjungan tersebut Kepala  BKD Provsu KaimanTurnip, Asisten Kesos Zulkarnain, dari Veteran H Subarman, PBRI Rusmadi SH, SPn,  dari DHD 45 Sultan Jalaluddin Siregar. Setelah mengunjungi Umbar Subroto, Nurhajizah mengunjungi M Ibrahim Sinaga (79) di Asrama TNI Glugur Hong. Dia merupakan veteran juga berjuang membela tanah air melawan agresi dari pemerintahan Belanda .

Cincin Emas Juga Untuk Ibrahim

Sama seperti Umbar, Wagubsu juga menyematkan sebuah cincin emas kepada Ibrahim. Ibrahim sampai kini masih tinggal di rumah Dinas Asrama TNI Kodim dan mendapatkan uang pengsiun setiap bulan dan jaminan kesehatan (askes).

Kendati demikian Wagubsu mengatakan untuk kedua Pejuang DHD 45 maupun Veteran untuk didata dan akan dibantu dalam hal tempat tinggal ke pihak yang berwenang di pusat.

“Kita akan data dan akan diajukan untuk pembedahan rumah ataupun tempat tinggal bagi mereka yang belum memiliki,” jelasnya.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.