NELSON GINTING. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi S MSi) didampingi Ketua TP PKK Kota Medan sekaligus Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara (Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin) bersama dengan ribuan warga mengikuti senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan [Minggu 20/8].

Selain bagian dari Car Free Day (CFD), senam jantung sehat kini merupakan agenda rutin yang digelar Pemko Medan setiap Minggu untuk mengajak masyarakat hidup sehat dengan berolahraga, terutama kesehatan jantung.

Warga tampak antusias mengikuti senam jantung, terutama yang telah berusia paro baya. Tampaknya mereka menyadari manfaat senam ini sangat enting untuk kesehatan jantung. Itu sebabnya mereka mengikuti semua gerakan yang diperagakan sejumlah instruktur, termasuk Wali Kota dan Ketua TP PKK. Selain itu senam jantung sehat ini juga diikuti pimpinan SKPD, camat dan lurah.

“Saya berharap warga Kota Medan dapat  terus mengikuti CFD sekaligus senam jantung sehat. Selain membangun rasa kebersamaan, kegiatan ini sangat penting agat tubuh tetap sehat dan bugar, terutama kesehatan jantung sehingga kita dapat menjalankan aktitifas sehari-hari dengan baik. Untuk itu marilah kita luangkan waktu sejenak untuk mengikuti CFD bersama anggota keluarga setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka,” kata Wali Kota.

Usai senam jantung sehat, Wali Kota bersama Hj Rita Maharani selanjutnya bersilaturahmi dengan warga yang memenuhi Lapangan Merdeka. Kesempatan itu langsung digunakan warga untuk bersalaman dan berfoto bersama. Wali Kota sengaja menjadikan momen CFD ini untuk terus membangun silaturahmi dan jembatan hati dengan masyarakat sehingga lahir rasa kebersamaan yang cukup erat. Kebersamaan ini  merupakan modal penting dalam mendorong percepatan pembangunan di Kota Medan.

Selain bersilaturahmi, Wali kota selanjutnya mengelilingi Lapangan Merdeka didampingi Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis dan Kabag Humas Setdakot Medan, Ridho Nasution. Di samping ingin melihat pelaksanaan CFD, Wali Kota juga ingin melihat kondisi Lapangan Merdeka baik kebersihan maupun sarana dan prasarana yang dimiliki. Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu ingin kondisi Lapangan Merdeka benar-benar terjaga sehingga masyarakat merasda tenang dan nyaman dalam melakukan aktifitas, terutama berolaharaga.




Sedangkan Ketua  YJI Cabang Utama Sumut, Hj Rita Maharani mengungkapkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan, terutama Dinas Pemudan dan Olahraga (Dispora) Kota Medan karena telah menjadikan senam jantung sehat bagian dari CFD.

Apalagi Pemko Medan terus melakukan sosialisasi untuk mengajak warga agar mengikuti senam jantung sehati  setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka.

Berkat sosialisasi yang dilakukan Pemko Medan, Hj Rita mengaku, antusiasme masyarakat untuk mengikuti senam jantung sehat semakin tinggi, terutama yang telah berusia paro baya. Terbuktim jumlah warga yang mengikuti senam jantung sehat terus bertambah.

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat akan kesehatan, terutama kesehatan jantung semakin tinggi. Semoga dengan rutin mengikuti senam jantung, insya Allah kesehatan jantung warga tetap terjaga,” ungkap Hj Rita.

Selain senam jantung sehat, CFD juga diisi dengan sejumlah kegiatan lainnya seperti jogging, sepatu roda, jalan santai serta bersepeda. Di samping itu warga juga dapat mempergunakan sejumlah peralatan olahraga yang disediakan di pinggiran Lapangan Merdeka.






Leave a Reply