B. KURNIA P.P. BERASTAGI. Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Karo (Jernih Tarigan) canangkan Bakti Sosial Terpadu Tentara Nasional Indonesia – Keluarga Berencana – Kesehatan Kabupaten Karo Tahun 2017 di Markas Komando Distrik Militer 0205/ Tanah Karo di Jl. Jamin Ginting, Desa Raya (Kecamatan Berastagi) [Jumat 25/8].

Acara pencangan ini ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 2 kali didampingi Kepala Staf Daerah Militer 0205 Tanah Karo (Mayor A Sidauruk), Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bererncana Kabupaten Karo (Seruan Sembiring), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo (Johanes Sitepu). Hadirin dan undangan dari unsur Staf Kodim 0205 Tanah Karo, Staf Dinas PP dan KB puluhan ibu usia subur penerima program KB Inplan turut menyaksikannya.

Jernih Tarigan dalam sambutannya mengatakan, keluarga berencana sudah waktunya.




“Janganlah diragukan lagi, keluarga berencana besar maknanya untuk hari depan nan jaya. Sebagai cuplikan dari Mars KB dapat benar-benar dihayati dan dilakukan tidak susah-susah lagi kita membangun bangsa Indonesia yang penuh harapan bangsa, karena tercipta putra-putri yang cerdas, sehat dan kuat. Ini diawali dari keluarga rumah tangga kita masing-masing-masing, ayah ibu dan anak bahagia,” tuturnya.

Lanjutnya membacakan sambutan Bupati Karo, Bupati Karo berharap, pencanangan bakti sosial terpadu TNI-KB-Kes berkaitan erat dengan pengembangan kegiatan prioritas pembangunan bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

 

“Utamanya, pengendalian jumlah penduduk menjadi sangat penting ditinjau dari berbagai sudut pandang termasuk mempengaruhi dari segi kesejahteraan rakyat, pertumbuhan ekonomi yang dicapai tidak akan memberikan ampak positif yang berarti jika pertumbuhan penduduk tidak terkendali,” kata Bupati Karo dalam pidatonya yang dibacakan oleh Jernih Tarigan.

Pada kesempatan ini, pelaksanaan TNI-KB-Kes sebagai salah satu kemitraan lintas sektoral termasuk Orsosmas, LSM, toga / tomas yang mempunyai komitmen kuat untuk peduli pada masalah kesehatan masyarakat dalam memberikan kontribusi yang nyata dalam rangka membangun sumber daya manusia yang berkualitas, yang telah berjalan dengan baik dalam kurun waktu.

Hal senada disampaikan oleh Kasdim 0205 Tanah Karo, Mayor A Sidauruk dalam sambutannya, pelaksanaan Pencanangan TNI-KB-Kes sesuai arahan Presiden RI agar manfaat Program KB dapat lebih dirasakan secara langung oleh masyarakatterutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, daerah tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan, desa-desa, dusun-dusun di seluruh tanah air.




Pantauan wartawan, acara pencanangan Baksos TNI-KB-Kes Tanah Karo berlangsung singkat dan hanya dihadiri beberapa unsur terkait, khususnya minimnya kehadiran kepala Puskesmas se Kabupaten Karo dan unsur Forkopimda Karo. Termasuk ketidakhadiran Bupati Karo beserta jajaran dan Forkopimda Karo termasuk Dandim 0205 Tanah Karo.

Usai acara seremoni dilanjutkan dengan pemasangan alat kontrasepsi KB Inplan bagi puluhan ibu usia muda. Pelaksanaan Program TNI-KB-Kes berlangsung selama 2 bulan sampai bulan Oktober 2017 yang akan berlangsung sekali dalam satu kecamatan sekaligus melakukan pencanangan kampung KB di 17 kecamatan di seluruh Kabupaten Karo.

FOTO HEADER: Sekdakab Karo (Jernih Tarigan) saat memukul gong pertanda dimulainya Bakso KB, didampingi Kasdim 0205 Tanah Karo, Kadis PP dan KB Karo serta Kadis Kesehatan Karo.













Leave a Reply