Kolom Ganggas Yusmoro: KENAPA ENGKAU TUNJUK SEORANG JOKOWI, TUHAN?

0
600

Saya percaya bahwa ini Kuasamu, Tuhan. Dengan Kuasamu pula, engkau telah menunjuk seorang laki-laki kurus, seorang pria yang tidak gagah, yang tidak dari anak pejabat, yang ndeso, yang suka cengengesan. Malah orang orang sebelah bilang “presiden yang tertukar”.

Dan dengan Kuasamu juga, Engkau telah menunjukkan bahwa menilai manusia hebat bukanlah karena mahir nunggang kuda. Bukan juga mahir menyitir ayat-ayat, bukan juga berpenampilan gamis. Apalagi konon beliau ini malah suka musik rock. Bukan musik yang berbunyi tak tung tak tung plak keteplak teplak.

Tiga tahun sudah laki-laki kurus ini telah engkau bimbing. Cobaan dan masalah datang silih berganti, namun atas kuasamu juga, beliau makin menunjukkan tingkat spritual yang luar biasa. Yang tetap berdiri kokoh bagaikan tokoh wayang raja Pandawa, Raden Puntodewo. Maaf tidak saya analogikan batu karang ya, Tuhan. Gak papa, kan ?

Yang lebih dasyat, melalui laki-laki ndeso ini, kami sebagai rakyat dan umat jadi lebih ngerti siapa tokoh yang mencintai negeri ini, yang mempunyai nasionalisme, meski punya tatto seperti halnya Ibu Susi. Juga, mata kami lebih bisa mengerti siapa ustadz yang baik, yang membuat sejuk. Yang membuat damai negeri ini. Meski tokoh agama itu hanya pakai sarung. Pakai peci. Dan, itupun hanya pakai selop.

Sungguh, selama ini kami punya anggapan, bahwa orang-orang yang berjanggut, yang pakai jubah, yang berjidat hitam, adalah orang yang bisa kami percaya. Yang sepenuhnya membawa amanah umat. Namun, ketika tertangkapnya Patrialis dan lain-lain, dimana orang-orang tersebut sangat membenci beliau, ENGKAU buka topeng mereka habis-habisan. Engkau kuliti. Engkau tunjukan bahwa agar menilai manusia adalah dari akhlak. Bukan dari besarnya sorban yang sebesar parabola. Gitu kan, Tuhan?

Saya yakin, ini semua juga rahasiaMu, Tuhan. Ketika tiba-tiba akhir-akhir ini tokoh sekaliber Tifatul, Fachri, Fadli, Ustadz Tengku dan beberapa tokoh agama telah ikut menyebarkan Hoax, itu menjadi bukti bahwa penampilan mereka sejatinya telah menodaiMu. MelecehkanMu.

Terakhir,Tuhan. Jika atas kuasaMu, engkau memilih lagi Jokowi untuk periode ke dua, lalu para pembenci Jokowi makin SUTRIS, gimana? Gawat, kan?








Leave a Reply