DENHAS MAHA. MEDAN. Ketua Dekranasda Kota Medan (Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin SH) membuka Pelatihan Kerajinan Batik Medan yang digelar oleh Dinas Koperasi UKM Kota Medan di Maharani Galery Batik dan Songket, Jl. Sei Bekala, Taman Gajah Mada, Medan [Jumat 8/9] .

Selaku Pembina UKM Kota Medan, Rita Maharani berharap pelatihan yang berlangsung 8-12 September 2017 ini bisa melahirkan pengrajin-pengrajin Batik Medan yang semakin kreatif dan potensial untuk mendukung dan menyokong program ekonomi kerakyatan di Kota Medan.

“Saya sangat mendukung kegiatan kegiatan pelatihan Batik Medan seperti ini. Saya pernah membuka pelatihan serupa beberapa bulan lalu, saya kagum melihat animo masyarakat Kota Medan untuk membatik Batik Medan semakin tinggi,” ujar Ketua Dekranasda Kota Medan.




Sebagai sesama ibu rumah tangga, Rita mengajak peserta pelatihan yang juga kebanyakan ibu rumah tangga untuk tidak ragu membatik, karena menjadi pengrajin Batik Medan nantinya bisa membantu suami untuk menyokong perekonomian keluarga.

“Saya ingin masyarakat Kota Medan, terlebih perempuan untuk semakin berdaya guna dalam mendukung perekonomian keluarga. Di sisi lain, menjadi pengrajin Batik Medan pastinya akan mendukung program ekonomi kerakyatan yang dicanangkan pemerintah,” ajaknya.

Jangan ragu untuk pemasaran produknya, lanjut Rita, karena kita di sini akan memfasilitasi promosi produk para pengrajin Batik Medan, sehingga produknya dipasarkan secara luas.

“Alhamdulilah dengan kerja keras, sampai saat ini kita telah berhasil mempromosikan Batik Medan ke luar daerah baik di dalam negeri, bahkan hingga ke luar negeri, seperti Malaysia, dan yang terbaru bulan lalu kita berhasil promosikan hingga ke Rusia, Eropa,” imbuh istri orang nomor satu di Kota Medan ini.

Sebelumnya dalam laporan Kadis Koperasi UKM Kota Medan Emilia Lubis, dijelaskan pelatihan yang berlangsung selama 5 hari ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 6 Kecamatan di Kota Medan yakni Kecamatan M. Belawan, M. Labuhan, M. Marelan, M. Deli, M. Sunggal dan M. Helvetia, dengan menghadirkan Edy Gunawan sebagai narasumber kegiatan.




Materi yang disajikan dalam pelatihan ini sambungnya, akan dikombinasikan antara materi teoritis yang kemudian akan dipadukan dengan praktek langsung sehingga semakin kompleks.

Peserta sendiri ketika ditanyai mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan membatik Batik Medan ini karena ingin membantu menyokong perekonomian keluarga, selain itu juga karena tertarik dengan motif dan corak Batik Medan yang telah digagas sebagai identitas Kota Medan.

Mereka mengucapkan terima kasih kepada Pembina UKM Kota Medan Hj Rita Maharani serta Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan karena telah memfasilitasi mereka untuk bisa belajar membatik Batik Medan.







Leave a Reply