EMMY F. PURBA. MEDAN. Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara (Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin SH) yang juga merupakan Ketua TP PKK Kota Medan bersama ribuan warga Kota Medan melaksanakan Senam Jantung Sehat yang dirangkaikan pada kegiatan Car Free Day (CFD) tadi pagi [Minggu 10/9] di Lapangan Merdeka, Medan.

Warga yang sudah memadati Lapangan Merdeka sejak pukul 06.00 pagi antusias menunggu senam jantung sehat yang dimulai tepat pukul 06.30. Begitu instruktur senam mulai memberi aba-aba, Ketua YSI Sumut Rita Maharani bersama warga langsung berhimpun membentuk barisan terbuka.




Berlangsung selama 90 menit, seluruh pengunjung terlihat semangat mengikuti setiap gerakan yang diperagakan instruktur. Gerakan demi gerakan ini tentunya untuk melatih kebugaran jantung manusia.

“Kita tidak henti-hentinya mengajak warga Kota Medan untuk menjaga kesehatan jantungnya. Tidak hanya menjaga pola makan saja, olahraga juga terus kita kampanyekan demi kesehatan jantung kita,” ujar Ketua YJI Sumut usai senam.

Tidak perlu waktu banyak untuk olahraga melatih jantung kita sambung Rita, cukup 60-90 menit senam di akhir pekan itu sudah sangat membantu melatih kebugaran jantung.

“Insya Allah tubuh kita akan sehat dan terjaga jika kita rutin melaksanakannya setiap minggunya, terutama dijauhkan dari penyakit jantung,” imbuhnya.

Dirinya senang dan bersyukur setiap minggu jumlah warga yang datang ke Lapangan Merdeka semakin bertambah untuk berolahraga bersama sambil menghirup segarnya udara di pagi hari, ini menunjukkan kesadaran warga Medan untuk hidup sehat dengan berolahraga berkembang pesat. Harapannya semangat berolahraga tidak surut bahkan terus meningkat setiap minggunya demi kesehatan warga Kota Medan.

Senam ini juga sebagai bagian dari dukungan YJI Cabang Sumut dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, khususnya masyarakat Kota Medan

Usai senam, Rita Maharani didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan Musaddad dan Kadis Ketahanan Pangan, Muslim membagikan bibit cabai secara gratis kepada pengunjung yang berolahraga di Lapangan Merdeka.

Ribuan bibit cabai yang dibagikan secara gratis ini sebagai bentuk perhatian Pemko Medan terhadap ketidakstabilan harga cabai di pasaran. Untuk itu dengan dibagikannya bibit cabai kepada masyarakat, Rita berharap masyarakat semakin terlatih untuk menanam cabai dipekarangan rumahnya, sehingga ketergantungan akan cabai di pasaran dapat dikendalikan dengan kemandirian warga dalam menanam cabai.

Di tempat yang sama juga dilakukan pelepasan Lomba Gerak Jalan Tingkat SMA dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka dalam rangka perayaan Dies Natalis Universitas Terbuka yang ke-33.








1 COMMENT

  1. Halo saya anna dari kabanjahe. Adakah yang tau rumah singgah sementara di seputaran RS.Harapan kita jakarta..?

    #lagi butuh info
    Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply