ARJUNA KEMBAREN. MEDAN. Persoalan harga komoditi di pasar sangat tergantung pada banyak permintaan (pembeli) dan penawaran (ketersediaan barang). Tapi ada juga faktor samping atau antara yang mempengaruhi penawaran atau permintaan. Demikianlah yang sedang terjadi dengan harga jeruk di Pasar Induk Laucih, Medan, beberapa hari belakangan ini.

Para pedagang jeruk di Pasar Induk Laucih sebenarnya sudah punya hitung-hitungan di kepala harga standard jeruk hari ini [Senin 11/9] (Lihat daftar di bawah). Akan tetapi, sebagaimana dikatakan oleh seorang pedagang jeruk asal Urung Liang Melas, Dataran Tinggi Karo, harga standard itu tidak bisa dijadikan patokan sama sekali.




Menurut pedagang jeruk dari clan Kembaren mergana ini, hujan sepanjang hari terus menerus beberapa hari belakangan ini membuat sangat berkurangnya pembeli.

“Kalau hujan sepanjang hari, minat keluar rumah juga berkurang. Selain itu, kebutuhan terhadap jeruk juga turun drastis. Orang-orang di Medan makan jeruk itu bukan hanya karena suka rasanya yang enak tapi juga oleh dorongan rasa haus, baik dimakan langsung maupun sebagai juice,” tutur Kembaren mergana.

Amatan SORA SIRULO di Pasar Induk Laucih, para pedagang jeruk menurunkan harga dagangannya agar lebih banyak laku dalam rangka menekan seminim mungkin tingkat kerugian.

“Daripada busuk tidak laku, lebih baik dijual murah utuk memperoleh tambahan uang,”  kata seorang pedagang lainnya yang juga orang Karo dari Dataran Tinggi (Karo Gugung).

BKMG meramalkan besok [Selasa 12/9] masih turun hujan di Medan dan sekitarnya. Pagi turun hujan ringan dan siang hujan lokal yang artinya tidak merata atau terjadi di sana sini namun di tempat berbeda. Akan tetapi, besok lusa [Rabu 13/9] mereka meramalkan tidak turun hujan, tapi cuaca cerah berawan di pagi hari dengan suhu udara 23°C dan di siang hari cerah berawan dengan suhu udara 32°C.

Daftar Harga Standard Jeruk hari ini [Senin 11/9] di Pasar Induk Laucih, Medan:

Kelas super Rp. 12.000/ Kg

Kelas AB Rp. 8.000/ Kg

Kelas C Rp. 6.000/ Kg

Kelas anak/ D kecil Rp. 4.000/ Kg








.

Leave a Reply