Pengungsi Sinabung ke Kantor Kepresidenan dan BNPD Pusat

0
568

EMMY F. PURBA. JAKARTA. Para kepala Desa dari 4 desa korban erupsi Gunung Sinabung berangkat ke Jakarta kemarin [Rabu 13/9] untuk mendatangi Kantor Kepresidenan dan BNPD Pusat.

Rombongan berjumlah 8 orang yang terdiri dari 4 Kepala Desa (Singgarang-garang, Kuta Gugung, Mardinding, Sukanalu), 2 orang Sekretaris Desa (Mardinding dan Sukanalu), 1 orang Kepala Urusan ( Singgarang-garang), dan 1 orang Kepala Seksi (Kuta Gugung).




Kedatangan mereka ke Jakarta untuk menindaklanjuti demonstrasi yang dilakukan oleh pengungsi Sinabung beberapa hari yang lalu.

Beberapa poin tuntutan mereka adalah antara lain:

1. Kelanjutan relokasi warga pengungsi dari keempat desa tersebut di atas

2. Kejelasan tentang sewa rumah dan lahan untuk pengungsi

3. Bantuan untuk anak sekolah para pengungsi.

Rombongan saat istirahat di Kantor Kepresidenan

Di hari yang sama dengan keberangkatan mereka ke Jakarta, kemarin, rombongan langsung mendatangi Kantor Kepresidenan [Pukul 14.00] dan bertemu dengan Staff Presiden beserta rombongan Bupati Karo di sana.

Menurut salah seorang diantara para anggota rombongan, Kalvin Tarigan, pihak Kantor Kepresidenan belum memberikan pernyataan yang jelas tentang tuntutan mereka dan menyerahkan masalah ini sepenuhnya kepada BNPD Pusat. Rencananya hari ini [Kamis 14/9], rombongan akan mendatangi Kantor BNPB Pusat di Jakarta.

Para anggota rombongan berharap mereka mendapatkan kejelasan tentang realisasi tuntutan mereka. Mereka berangkat ke Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Wakil Bupati Karo.








Leave a Reply