BASTANTA P. SEMBIRING. MEDAN. Generasi muda Perhimpunan Mahasiswa Khatolik Republik Indonesia (PMKRI) diharapkan mampu memperkuat identitas kemajemukan bangsa dengan tampil bersatu padu menjaga dan memelihara kerukunan antarumat beragama di Kota Medan. Harapan ini diutarakan oleh Walikota Medan (Drs H. T Dzulmi Eldin S MSi) yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Sosial (Drs. Musaddad) dalam sambutannya di acara Nasional Dies Natalis ke-60 PMKRI Cabang Medan Bonaventura Tahun 2017 di Golden Dragon Restoran, Hermes Place, Medan [Minggu 17/9].

Acara diawali dengan ibadah bersama sebagai ungkapan syukur perjalanan PMKRI ke-60 yang dipimpin oleh Pastor Alex yang kemudian dilanjutkan dengan acara nasional.




Hadir pada acara tersebut Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Ketua DPD ISKA Sumut (Drs. Hendrik H Sitompul), Ketua ISKA Medan (Maruli Tua Tarigan), tokoh masyarakat (dr. Depari, Nirwan Sembiring), serta Tokoh Organisasi Cipayung Plus Kota Medan.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-60 PMKRI Cabang Medan. Kita berharap kedepan PMKRI semakin sukses dan solid dalam melahirkan generasi muda Khatolik yang religius dan berahlak mulia,” ujar Musaddad didampingi Kadis Ketenagakerjaan Kota Medan Dra. Hannalore Simanjuntak.

Di hadapan kader-kader muda Khatolik, Walikota mengungkapkan keyakinannya bahwa mahasiswa Khatolik mampu menuntun generasi muda Khatolik lainnya untuk berkontribusi nyata dalam karya pembangunan daerah.

“Keharmonisan warga Medan harus dipupuk, semua harus sama-sama terlibat, sehingga identitas kita sebagai kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan kemajemukan tetap terjaga,” sambungnya.

Tak ketinggalan, ia juga berpesan agar kader-kader PMKRI menjauhi pergaulan bebas, narkoba, serta paham-paham radikalisme, sehingga sejak dini, generasi muda justru haruslah dibina dengan kegiatan-kegiatan positif dalam membangun karakter pemuda yang kuat.




Sebagai bentuk perhatian kepada pembinaan generasi muda PMKRI, di akhir sambutannya Walikota diwakili Aspem, Musaddad memberikan uang pembinaan yang diterima oleh Ketua Presidium PMKRI Cabang Medan, Inter Zaluku untuk digunakan dalam pengembangan pemuda dalam wadah organisasi PMKRI tersebut.

Sebelumnnya Ketua Presidium PMKRI Cabang Medan, Inter Zaluku ketika membuka acara mengajak seluruh kader untuk merefleksikan perjalanan 60 tahun PMKRI di Kota Medan. Dirinya mengungkapkan bersama seluruh kader muda lainnya tetap teguh memegang semangat Pro Ecclesia Et Patria (Untuk Gereja dan Tanah Airku) sebagai semangat bekerja meneruskan cita-cita PMKRI dalam membangun bangsa. Dia juga mengucapkan terimakasih atas perhatian yang diberikan oleh Pemko Medan dan para seniornya dalam melewati setiap tahapan proses pembelajaran dan pengembangan diri kader-kader PMKRI Cabang Medan.







Leave a Reply