Gubsu: Sarjana Harus Siap Kerja dan Buka Lapangan Kerja

BASTANTA P. SEMBIRING. Gubsu (T. Erry Nuradi) menyebutkan masa perkuliahan harus mengedepankan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga mahasiswa setelah lulus tidak lagi mencari pekerjaan tetapi membuka lapangan pekerjaan dan dapat langsung kerja bahkan dicari perusahaan-perusahaan.

‘’Sarjana harus siap kerja bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan,’’ ucap Tengku Erry saat meresmikan gedung Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) di Jl. Sei Serayu, Medan [Senin 18/9].

Dalam kesempatan itu, Erry juga menyebutkan, sebuah lembaga pendidikan tidak hanya memberikan bekal kepada mahasiswanya untuk survive pada saat ini, melainkan juga untuk masa mendatang. Oleh karena itu, Lembaga Pendidikan seperti LP3I ini harus mampu menguraikan tantangan di masa mendatang dan mempersiapkan kurikulum dan metode pengajaran yang tepat bagi mahasiswanya.




Menurut Erry, praktik di lapangan menunjukkan bahwa sebaiknya Lembaga Pendidikan tidak hanya menciptakan anak-anak didik cerdas dan memiliki kemampuan tetapi juga pintar secara emosional serta juga mengajarkan bagaimana harus beradaptasi dengan lingkungan kerja dan selain itu sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa kita tidak boleh lepas dari keterikatan kepada-Nya dan tegakkan ibadah serta terus berdoa sehingga setiap langkah dan usaha kita di ridhoi dan di berkahi-Nya.

Keberadaan LP3I Medan di Provinsi Sumatera ini telah memberikan sumbangan yang Besar terhadap Pembangunan dan pembinaan masyarakat Sumatera Utara. Oleh karena itu Erry berharap agar seluruh civitas akademika LP3I Medan untuk terus mengambil peran aktif mensukseskan program Pemerintah di Provinsi Sumatera Utara.

Gubsu Erry mengatakan di Sumatera Utara belum ada Perguruan Tinggi Swasta yang mendapat Akreditas A.

“Kita inginkan dari Sumatera Utara yang menyandang Akreditas A,’’ pinta Erry.

Erry menyarankan, pada satu ruangan belajar harus ada standar seperti berapa orang satu ruangan dan harus ada fasilitas yang baik serta dilengkapi bengkel.

Menurut Erry, bahwa pada saat ini jurusan yang umum tidak lagi diminati masyarakat jadi harus dilihat kondisi pasar dimana saat ini sudah zaman Informasi Teknologi (IT). Jadi harus yang diminati pasar seperti Perfilman, Advertising, Animasi bahkan baru-baru ini tercetus Mata Perkuliahan Management Perencanaan.

“Jangan sampai tertinggal. Directman and direct job,’’ ucap Erry.

Peresmian Gedung LP3I ditandai dengan pemberian cendramata antara Gubernur Sumatera Utara dan Direktur dan Ketua Yayasan LP3I serta Ketua Kopertis dan sebaliknya.Pada Acara yang penuh keakraban tersebut, Tengku Erry Nuradi memberikan tali asih dan tas sekolah kepada anak yatim piatu dan dilanjutkan dengan penekanan tombol sirene tanda resminya Gedung LP3I Medan. Pada kesempatan tersebut Tengku Erry juga melakukan peletakan batu pertama Murhokka Al-Rahman di lingkungan Gedung LP3I.

Hadir pada acara tersebut Direktur LP3I, Civitas Akademika, Koordinator Kopertis Wilayah II Sumut, Ketua MUI Medan Prof HM Hatta, Para Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta dan para mahasiswa serta undangan lainnya.

Pada Acara tersebut Ketua Yayasan LP3I Isral, MBA mengajak civitas akademika agar menjaga dan merawat gedung dengan sebaik-baiknya.

“Lebih susah menjaga atau merawat daripada membangun,’’ ucapnya.




Sedangkan, Direktur Politeknik LP3I Medan Akhwanul Akmal mengajak para mahasiswa agar mengikuti jejak Bapak Gubernur Sumatera Utara dimana disamping kesibukannya mengurus Provinsi Sumatera Utara ini juga menyempatkan untuk meraih gelar Doktor (S3) baru-baru ini.

Akmal mengatakan awalnya juga Gubernur yang meletakkan batu I Gedung ini tepatnya April 2016, dan setelah peresmian Gedung ke dua ini diperkirakan dapat menampung 3.000 orang mahasiswa.

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto mengatakan agar pada perkuliahan jangan banyak cukup 12 SKS dan tanamkan tentang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan sarana maupun prasarana gedung yang baik serta tampilan yang bagus.

‘’Bahkan upayakan 40 persen dosennya harus S3,’’ tandas Dian.













Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.