EMMY F. PURBA. MEDAN. Hari Kesaktian Pancasila tahun ini meski jatuh pada hari libur [Minggu 1/10] tetap diperingati oleh Pemko Medan dengan menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila. Walikota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si) menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan tepat pukul 07.30 WIB di Halaman Depan Kantor Walikota Medan Jl. Kapten Maulana Lubis, Medan.

Jalannya Upacara diawali dengan mengheningkan cipta sebagai wujud pengingat dan ucapan syukur atas perjuangan Pahlawan perebut kemerdekaan Bangsa oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin yang dilanjutkan pembacaan Naskah Pancasila yang diikuti oleh ribuan ASN yang menjadi peserta upacara. Sementara itu, Pembacaan Ikrar Kesaktian Pancasila dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli, SE, sedangkan Camat Medan Barat, Rudi Faisal Lubis, AP, M.Si bertindak sebagai Komandan Upacara.




Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri Wakil Walikota Medan, Ir. H Akhyar Nasution M.Si, Sekda Kota Medan Ir. Syaiful Bahri, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan SKPD, Camat serta seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemko Medan.

Usai upacara Walikota berharap peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan momentum untuk memaknai bagaimana Founding Father mendirikan bangsa ini dengan Kebhinekaannya. Melalui Kebhinekaan dan keberagaman yang kita punya, kita harus menuju satu tujuan yaitu menjadi bangsa yang berdiri sendiri dan berkarya besar, serta tidak mudah terkontaminasi dengan pengaruh-pengaruh dari luar.

“Marilah kita wujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa. Idiologi Pancasila adalah yang utama dan menjadi pegangan hidup bangsa, terutama dalam menjaga semangat membangun Kota Medan,” ucap Walikota Medan, Dzulmi Eldin.

Dalam kesempatan itu, Eldin tak lupa berpesan kepada seluruh warga Medan agar menyikapi perubahan cuaca dengan bijaksana. Jika tidak melaksanakan kegiatan yang urgent sekali pada saat hujan deras turun, sebaiknya tetap tinggal di rumah. Sebab, cuaca saat ini cukup ekstrim dimana hujan deras disertai angin kencang dan petir sering kali muncul. Eldin mengaku sudah mengistruksikan kepada seluruh jajaran Pimpinan SKPD, Camat dan Lurah dan tim P3SU untuk responsif dalam merespon perubahan cuaca.




“Kerahkan dan ajak seluruh ASN dan juga masyarakat untuk melaksanakan gotong royong setiap minggunya, bisa hari Jumat maupun hari lainnya, minimal dalam sepekan ada gotong royong dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, minimal masyarakat membersihkan parit di lingkungan tempat tinggalnya. Jika dalam gotong royong diperlukan alat-alat berat, segera sampaikan kepada Dinas PU, alat berat segera diturunkan,” sambungnya memberi pengarahan.

Disampung itu, masyarakat Kota Medan dihimbau agar tidak membuang sampah sembarangan baik di jalan, parit maupun sungai, yang bisa menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat itu sendiri seperti banjir. Dengan tidak membuang sampah, masyarakat sudah terlibat dalam pembangunan kota.

Usai upacara Eldin didampingi Akhyar selanjutnya menyalami satu per satu pejabat yang hadir di lingkungan Pemko Medan. Selanjutnya, Eldin memberikan arahan kepada sejumlah pimpinan SKPD untuk segera ditindaklanjuti.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.