EMMY F. PURBA. MEDAN. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan membersihkan pohon tumbang di Jl. Gaperta, persisnya dekat Taman Kanak (TK)  Ikal. Pohon ini tumbang tiba-tiba pada saat hujan deras turun [Selasa 2/10: Dinihari].

Meski tidak ada korban jiwa dalam persitiwa tersebut, pohon tumbang menyebabkan arus lalu lintas sempat terputus mulai tengah malam sampai pukul 06.00 WIB.

Warga sekitar mengungkapkan, kenderaan bermotor tidak dapat melintasi Jl. Gaperta mulai Pukul 02.30 WIB. Sebab, batang pohon tumbang persis melintang di tengah jalan. Untung saja pada saat pohon tumbang, tak satu pun kenderaan bermotor maupun warga yang melintas.




“Jalan ketika itu sepi. Mungkin karena hujan turun mulai Pukul 20.00 WIB sehingga warga enggan keluar rumah.  Itu sebabnya begitu pohon tumbang, tak ada kenderaan maupun warga yang tertimpa.  Bisa dibayangkan kalau batang pohon yang sebesar itu tumbang mengenai kenderaan bermotor maupun warga yang melintas di bawahnya,” kata salah pria berkumis yang merupakan warga sekitar.

Pagi harinya  pohon tumbang itu menjadi tontonan warga sekitar. Kesemrawutan lalu lintas pun terjadi, sebab kenderaan bermotor  yang tidak dapat melintas langsung berupaya untuk berbalik arah untuk menghindari pohon tumbang tersebut. Selanjutnya, warga sekitar melaporkan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk segera mengatasinya.



Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan (HM Husni) begitu mendapat laporang warga langsung menurunkan sejumlah pekerjaannya untuk membersihkan pohon tumbang tersebut.

“Kita langsung turunkan sejumlah pekerja setelah menerima laporan dari warga. Sekitar pukul 06.00 WIB, tim kita sudah tiba di lokasi,” jelas Husni.

Dengan menggunankan  chainsaw (gergaji mesin pemotong kayu), beberapa petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan memotongi  batang pohon yang melintang di tengah jalan menjadi beberapa bagian.

Untuk mendukung kelancaran pemotongan, Husni juga menurunkan satu unit mobil tangga guna memotong dahan pohon yang agak tinggi.

Proses pemotongan berjalan dengan lancar, batang pohon yang telah dipotong menjadi beberapa bagian selanjutnya diangkut.  Kemudian diikuti dengan pembersihan dedaunan yang berserakan di jalan. Tak lama berselang pohon tumbang yang melintang di tengah jalan pun berhasil diatasi.

Alhamdulillah,  tim yang kita turunkan telah berhasil mengatasi pohon tumbang tersumbat tersebut. Kini kondisi Jalan Gaperta  sudah normal dan telah dilalui kenderaan bermotor seperti biasanya,” jelasnya.



Mantan Kadispenda Kota Medan itu selanjutnya mengingatkan kepada warga untuk berhati-hati keluar rumah pada saat hujan deras turun, apalagi disertai dengan angin kencang. Jika tidak ada hal yang mendesak dan penting, Husni menyarankan lebih baik untuk tidak keluar rumah maupun berpergian.

Guna mengatasi pohon tumbang yang rentan terjadi pada musim penghujan ini, Husni pun mengakui seluruh jajarannya telah diasiagakan untuk memberikan bantuan.

“Pokoknya begitu menerima laporan ada pohon tumbang dari warga, kita langsung turunkan tim untuk membersihkannya,” ungkapnya.








Leave a Reply