EMMY F. PURBA. MEDAN LABUHAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) meletakkan batu pertama pembangunan Pasar Moderm Armani Jl. Rawe Raya, Kelurahan Besar ( Medan Labuhan) [Jumat 6/10]. Kehadiran pasar ini diharapkan dapat menampung seluruh pedagang yang ada di kawasan tersebut sekaligus menunjang kemajuan Kota Medan.

Pembangunan pasar modern ini dilakukan oleh PT Bangun Ritelindo Perkasa bekerjasama dengan Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan di atas lahan seluas 2 ha. Namun, untuk tahap pertama, lahan yang digunakan untuk pembangunan pasar hanya 1 ha. Saat ini pembangunan pasar dalam tahap pengerasan tanah.

Di hadapan Dirut PD Pasar (Rusdi Sinuraya), Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Qamarul Fatah), Direktur PT Bangun Ritelindo Perkasa (Wiranatha Purba), Thomas Purba selaku tokoh masyarakat, Kapolsek Medan Labuhan Kompol H Tampubolon, Wali Kota sangat mengapresiasi atas dibangunnya Pasar Modern Armani. Apalagi yang membangunnya merupakan wirausahawan muda.




“Atas nama Pemko Medan, saya sangat mengapresiasi dan mendukung pembangunan Pasar Modern Armani ini. Ditambah lagi saya merasa bangga karena usahawan muda mau bergabung dengan PD Pasar untuk membangun pasar ini. Semoga kehadiran Pasar Modern ini nantinya menjadi tempat berjualan yang representatif,” kata Wali kota.

Selanjutnya Wali Kota berharap kepada PD Pasar agar dapat menjadikan pasar tradisionil yang ada di Kota Medan menjadi pasar modern. Hal ini penting dilakukan untuk mengubah image pasar tradisionil yang selama ini terkesan kumuh, jorok dan bau. Sebab, kehadiran pasar modern merupakan tuntutan dan konekuensi dari gaya hidup modern yang berkembang di tengah masyarakat. Wali Kota opimis dengan kehadiran pasar modern ini, masyarakat yang datang berbelanja akan akan lebih banyak lagi. Pasalnya, mereka mereka akan nyaman dan tenang dalam melakukan transaksi guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Tentunya hal ini akan berdampak dengan meningkatkan pendapatan para pedagang sehingga kesejahteraan mereka bisa meningkat lagi,” ungkapnya.

Peletakan batu pertama pembangunan Pasar Modern Armani ini ditandai dengan memasukkan batu koral beserta coran di lubang pondasi tiang sebagai tanda dimulainya pembangunan yang dilakukan langsung Wali Kota didampingi Diturt PD Pasar, Direktur PT Bangun Ritelindo Perkasa, Assiten Ekbang serta tokoh masyarakat. Sementara itu Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya dalam laporannya menjelaskan, pembangunan tahap pertama ini di atas lahan seluas 1 ha dengan daya tampung sekitar 1.000 pedagang. Di rencanakan Pasar Modern Armani ini akan memiliki kios sebanyak 496 unit, meja sebanyak 342 unit serta stand sebanyak 168 unit. Menurut Rusdi, pengelolaan Pasar Modern Armani ini akan dilakukan oleh PD Pasar dengan PT Bangun Retilindo Perkasa.

“Pembangunan pasar modern ini sangat kita butuhkan demi penataan dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Medan Labuhan. Di samping itu pembangunan pasar modern ini sebagai program prioritas Pemko Medan untuk menyediakan fasilitas jual beli yang representatif bagi masyarakat,” jelas Rusdi.

Ditambahkan Rusdi lagi, pembangunan Pasar Modern Armani ini merupakan salah satu program penyelenggaraan tata ruang kota yang konsisten serta didukung oleh ketersediaan infrastruktur dan utulitas kota yang semakin modern dan berkelanjutan menuju kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, sejahtera dan religius.








Leave a Reply