Kolom Ganggas Yusmoro: KOWAN-KOWIN

0
291

Ketika negara yang dibilang kafir ternyata aman, damai dan maju pesat, negri-negri yang sibuk soal agama, yang hanya karena syiah, wahabi dan syuni, mereka saling bunuh. Perang di mana-mana. Kota-kota hancur luluh lantak. Manusia tercerai-berai menjadi pengungsi. Meninggalkan tanah leluhur.

Ketika negara-negara yang dibilang Kafir, termasuk China, bahkan sudah membuat Kapal Induk untuk menjaga negaranya, di negeri ini, yang namanya Indonesia, hari-hari disibukkan oleh eyel-eyelan soal agama. Banyak tokoh agama hanya sibuk mengupload dan berceloteh gak bermutu. Memfitnah. Memprovokasi. Bahkan sibuk kowan-kawin. Kentha-kenthu. Yang dipikir hanya selangkangan.

Jika sebagian bangsa ini bekerja keras. Jika pemerintahan Jokowi berusaha mengejar ketertinggalan. Ternyata mereka mereka yang berkoar paling ngerti agama, mengajak umat untuk malas. Mengajak umat untuk gontok-gontokan. Mengajak umat untuk ribut mulu. Mengajak umat untuk berkeluh kesah selalu. Bagaimana hidup bisa lebih baik? Bagaimana hidup bisa lebih layak?

Apakah dengan dalih agama hidup akan jadi pecundang? Mau?

Betul kata Pak Jokowi:

“Bekerja akan menghasilkan sesuatu. Omongan akan selalu menghasilkan alasan.”








Leave a Reply