Petugas Dishub Harus Lugas dan Taktis

0
121

ADINDA DINDA. MEDAN. Pemko Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan menggelar Diklat Dasar Transportasi Darat Bagi Petugas Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Medan [Senin 2/10] di Hotel Madani, Medan. Diklat ini didasarkan pada kondisi lalu lintas di Kota Medan yang sudah semakin tinggi angka mobilitas warganya, terutama pada siang hari, ketika warga dari daerah penyangga Kota Medan beraktifitas keluar masuk Kota Medan.

Hal inilah yang sedang diupayakan Pemerintah Kota Medan untuk mengatasi permasalahan kemacetan di Kota Medan. Walikota Medan (Dzulmi Eldin) diwakili Kepala BKDPSDM Kota Medan (Lahum SH) ketika membuka diklat mengapresiasi upaya yang dilakukan BKDPSDM Kota Medan, ini menunjukkan adanya sinergitas hubungan antara Dinas Perhubungan Kota Medan sebagai penyedia aparatur pengatur lalu lintas di lapangan, serta BKDPSDM sebagai penyedia layanan peningkatan SDM ASN.

Menurutnya diklat yang spesifik seperti ini masih tergolong baru untuk peningkatan kualitas SDM petugas lapangan, sehingga tentu menarik untuk dicermati oleh Personil Dinas Perhubungan. Walikota berharap diklat ini semakin meningkatkan kemampuan Petugas Dishub Kota Medan di lapangan. Petugas lapangan hendaknya mampu berikap lugas, taktis dan tanggap dalam bertindak, agar pengaturan lalu lintas di jalan raya Kota Medan bisa dilaksanakan dengan baik.




“Kita sadari tingkat kemacetan di Ibukota Provinsi Sumut ini sudah semakin tinggi, hal ini seiring dengan perkembangan Kota Medan yang terus meningkat sebagai kota Metropolitan,” ujar Walikota.

Untuk itu Walikota meminta petugas seusai mengikuti diklat ini bisa memahami sikap seorang petugas di lapangan, serta mampu mengimplementasikan ilmu yang di dapat dalam mengambil keputusan dalam pengelolaan lalu lintas di Kota Medan dan tetap menjalin koordinasi yang baik dengan Satlantas yang bertugas di lapangan.

“Sama-sama kita wujudkan keamanan, keselamatan, tertib dan lancar berlalu lintas. Kita berikan pelayanan berlalu lintas yang baik kepada masyarakat. Yang terpenting sosialisasikan kepada masyarakat bagaimana berlalu lintas yang baik dan benar,” himbau Walikota Medan.

Hadir dalam pembukaan Diklat ini Kadis Perhubungan Kota Medan (Renward Parapat), Wakasatlantas Polrestabes Medan (Komisaris [Pol] Sri Pinem SH MKn).

Sementara itu Panitia Pelaksana Harun Sitompul mengatakan bahwa diklat ini dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 13 Oktober 2017 dimana akan diikuti sebanyak 120 orang petugas lalu lintas dari Dinas Perhubungan Kota Medan yang dibagi dalam 3 angkatan dengan setiap angkatannya berlangsung selama 5 hari kerja.

“Narasumbernya kita undang dari Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Polrestabes Medan,” kata Harun.

Output dari Diklat ini diharapkan peserta mampu menguasai pemahaman dasar transportasi darat sehingga mampu melakukan pengaturan lalu lintas dalam implementasinya. Dengan demikian, sirkulasi dan pergerakan transportasi lalu lintas di Medan menjadi lebih lancar dan teratur.

Pembukaan Diklat Dasar Transportasi Darat ini ditandai dengan penyematan Kartu Tanda Peserta Diklat kepada perwakilan peserta.








Leave a Reply