Wakil Walikota Dukung Seminar Pengusulan Mayor Bedjo Jadi Pahlawan Nasional

 

EMMY F. PURBA. MEDAN. Wakil Walikota Medan (Ir. H. Akhyar Nasution MSi) menyambut baik rencana panitia seminar pengusulan Mayor Bedjo menjadi Pahlawan Nasional dari Medan. Dukungan ini disampaikan saat menerima audiensi sembilan perwakilan Paguyuban etnis Jawa [Rabu 4/10] di ruang kerjanya.

“Usaha pengusulan Mayor Bedjo menjadi Pahlawan Nasional memang pantas didukung. Dan memang ini butuh kegigihan dan perjuangan keras dari para penggagasnya,” ucap Wakil Walikota.

Hadir dalam audiensi tersebut antara lain, Dr Abdiyanto SE MSi (Sekjen Pimpinan Pusat Keluarga Besar Pujakesuma ), H Ruslan SE (Pendawa Sumut), Ir Bob Suparmo (Bamus Jawa Sumut), Rianto Aghly (Pandowo), Bambang Setiabudi (Forkada), dan Hary Dharma (Jawa Deli).




Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan itu, Wakil Walikota mengharapkan agar para pengusul ini sudah mempunyai argumentasi yang kuat agar usulan ini dapat diterima oleh pemerintah pusat.

“Tentu saja perlu dilakukan langkah-langkah positif agar usulan ini diterima. Misalnya dengan menggelar seminar tentang perjuangan Mayor Bedjo,” kata Akhyar yang sesekali berbicara dengan menggunakan bahasa Jawa.

Sebelumnya, Dr Abdyanto mengungkapkan, usaha yang dilakukan Tim Sembilan ini untuk memberi penghargaan yang pantas atas perjuangan yang dilakukan Mayor Bedjo. Selain itu juga, selama ini belum ada Pahlawan Nasional yang berasal dari Medan.

“Jika usulan ini berhasil, berarti akan pahlawan nasional dari Medan,” ungkapnya.

Soal argumentasi dalam pengusulan tersebut, Abdyanto mengatakan, pihaknya juga telah bekerjasama dengan para sejarahwan, termasuk dari kalangan akademisi. Selain itu, pada 9 November mendatang, mereka juga telah merencanakan menggelar seminar tentang perjuangan Mayor Bedjo di Fakultas Ilmu Budaya USU.

Menambahi itu, H Ruslan SE mengatakan, selain menggelar seminar pihaknya bekerjasama dengan Pramuka Kwarcab Medan akan mengadakan kegiatan Napak Tilas Perjuangan Mayor Bedjo. Direncanakan kegiatan ini akan dilaksanakan 26 sampai 28 Oktober mendatang.

“Dalam kegiatan itu, kita akan menelusuri kembali jejak-jejak perjuangan Mayor Bedjo di Medan,” ungkap Ruslan

Agar kegiatan ini dapat berjalan lancar, pihaknya membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk Pemko Medan. Menurutnya, Medan juga membutuhkan spirit dari perjuangan tokoh yang diakui secara nasional.




“Kita berharap, dengan diakuinya Mayor Bedjo sebagai Pahlawan Nasional, akan menumbuhkan perasaan bangga dan cinta Tanah Air dalam diri generasi muda Kota ini,” ungkap Ruslan.

Sedangkan Rianto Aghly mengungkapkan keyakinannya bahwa Pemko Medan akan mendukung setiap kegiatan positif yang dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan. Dikatakannya, memang sudah menjadi kewajiban bagi semua pihak terkait untuk memberikan penghargaan kepada pejuang bangsa yang berasal dari daerah ini.

“Dengan memperkenalkan dan memberikan pengakuan kepada Mayor Bedjo sebagai pahlawan nasional, kita sekaligus menyampaikan sejarah perjuangan bangsa bagai generasi muda di Medan. Diharapkan usaha ini dapat menjadi semangat pendorong dalam membangun, mewujudkan cita-cita masayrajkat yang adil, makmur, berdasarkan Pancasila,” ucapnya.













Leave a Reply