IMANUEL SITEPU. STM HILIR. Mberngap Ginting (45) warga Dusun I Desa Negara Beringin (Kecamatan STM Hilir) akan melakukan gugatan terhadap perusahaan Pabrik Sawit PT LAB, di Kecamatan STM Hilir.

“Saya akan menggugat melalui PTUN. Soalnya perusahaan pabrik sawit tersebut telah merampas tanah warisan keluarga saya,” kata Mberngap Ginting kepada wartawan [Minggu 8/10].

Menurut Ginting, kemarin ia juga sudah menghadiri surat undangan Camat STM Hilir terkait surat permohonan pengukuran ulang sebidang tanah warisan keluarga mereka yang sebelumnya telah dijual kepada Agus Leowardy, warga Medan.




“Sebenarnya, surat permohonan pengukuran ulang tanah yang saya disampaikan bukan kali ini saja. Melainkan telah yang ketigakalinya. Alasan permintaan pengukuran ulang tanah yang sudah digantirugikan beberapa waktu lalu itu lantaran pada peta pengukuran tidak terdapat ukuran luas. Dalam hal ini, saya merasa telah dirugikan,” jelasnya.

Ditambahkannya, memang sebelumnya, sebidang tanah milik warisan keluarga mereka telah diterbitkan surat penyerahan hak atas tanah dengan cara ganti rugi sesuai register camat STM Hilir Nomor : 593/267/01/VI/14 tertanggal 23 Juni 2014 dengan luas 3,7 Ha dan nilai jual sebesar Rp 555.000.000,-.

“Tapi, sampai sekarang, pihak desa dan kecamatan tidak mengetahui tapal batasnya,” sambungnya.




Sementara Camat STM Hilir (Khairul Saleh SSos) ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya surat permohonan pengukuran ulang tanah yang disampaikan Mberngap Ginting hingga sebanyak 3 kali. Untuk menindaklanjutinya, pihaknya mengaku telah melakukan upaya mediasi antara pemohon dan pihak Agus Leowardy.

“Usai dilayangkan surat pemanggilan mediasi, diwakili anak Agus Leowardy yang bernama Ricard Leo telah datang dan bertemu dengan pemohon yang berlangsung di kantor kecamatan STM Hilir. Dalam pembicaraan itu, Ricard Leo meminta tenggang waktu beberapa hari. Namun sampai sekarang baik Agus Leowardy maupun Ricard Leo tidak juga memberikan jawaban yang dimaksud dalam penyelesaian permasalahan seperti permohonan Mberngap Ginting selaku pemohon,” jelasnya.





Leave a Reply