Kolom M.U. Ginting: Ayo Orang Karo, Perbaiki Nasibmu!

Dugaan adanya upaya sistematis untuk menghilangkan Karo dari peta nasional akan terus ada.

 

Itulah memang ‘konspirasi’ besarnya. Perlawanan tidak habis-habisnya terhadap gerakan pencerahan KBB (Karo Bukan Batak) termasuk di dalam ‘konspirasi’ itu. Bagi Erry Nuradi pribadi masih ada ‘dendam’ sama orang Karo karena mencaplok sebagian daerah Karo tempo hari dimasukkan ke kabupatennya ketika dia jadi bupati.

Orang Karo pada marah ketika itu. Nuradi tidak menjawab sampai sekarang. Hal itu juga bikin dia tidak dekat sama orang Karo, hal yang tidak mengenakkan itu terbawa terus dalam hidupnya. Existensi orang Karo punya imbas yang besar bagi semua, tidak tahu juga kenapa.

Bagi orang Karo solusinya masih tetap, hanya orang Karo yang bisa menyelesaikan dan memikirkan solusinya. Salah satu jalan yang sudah pasti benar ialah be a part of conversation, be a part of solution. Bicara, bicara, katakan apa yang harus dikatakan, tulis apa yang harus ditulis. Kalau diam saja tidak akan ada perubahan.

Keluarlah dari zona aman masing-masing. Kita punya media besar sekarang ini. Kita tahu benar bahwa 1 juta atau 2 juta suara mempopulerkan ‘konspirasi’ itu, dan melawannya atau mengurangi imbas negatifnya terhadap kultur Karo, tak ada jalan lain selain bicara, bicara, tulis, tulis, perluas dan perdalam argumentasi.

Ini juga tidak bisa dilaksanakan kalau diam saja. Mencari argumentasi yang mendalam dan ilmiah adalah kesenangan dan hobby bagi orang Karo, karena sesuai dengan jiwanya. Ayo orang Karo, perbaiki nasibmu, be a part of conversation be a part of solution. Get out of your comfort zone.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.