JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Pemerintah Kota Medan melalui Dinas PU Kota Medan dibantu P3SU Kecamatan Medan Marelan melakukan perbaikan jembatan Situs Kota China yang terletak di Jl. Kota China, Lingkungan VIII Kelurahan Paya Pasir (Medan Marelan) [Rabu 25/10: Sore].

Jembatan (titi) dengan panjang 10 m dan lebar 4 m yang menghubungkan pemukiman warga dengan Museum Situs Kota China yang terletak di daerah tersebut mengalami kerusakan. Jembatan ini tergerus arus sungai yang kencang. Amblasnya jembatan tersebut membuat aktivitas warga menjadi terganggu, bahkan membahayakan warga yang melintas di sekitarnya.




Tidak sedikit warga yang nekat menggunakan jembatan tersebut untuk akses lintas sehari-harinya. Sehingga Dinas PU Kota Medan dibantu jajaran Kecamatan Medan Marelan langsung mengambil tindakan untuk segera memperbaiki jembatan demi keamanan dan kenyamanan warga sekitar.

Camat Medan Marelan T. Khairuniza turun langsung mengawasi proses pengerjaan perbaikan jembatan tersebut. Belasan petugas langsung turun untuk melakukan perbaikan. Sedikit demi sedikit material jembatan yang amblas dihancurkan dengan sejumlah bor penghancur beton dan dan diangkut dengan beko, sehingga nantinya Dinas PU bisa segera membangun pondasi jembatan yang baru sebelum akhirnya dituntaskan dengan kembali dicor beton.

Warga yang sebelumnya mengeluhkan amblasnya jembatan tersebut, tampak antusias dengan perbaikan yang dilakukan Pemko Medan. Mereka berharap perbaikan titi yang menghubungkan kedua kawasan tersebut bisa segera diselesaikan, sehingga dapat kembali menopang akses mobilitas warga, khususnya perekonomian masyarakat sekitar.

“Diperkirakan jembatan ini akan selesai dalam beberapa hari ke depan untuk dapat digunakan kembali oleh warga. Kenyamanan warga menjadi sasaran utama kita, saya berharap warga bisa bersabar menunggu selesai dikerjakan oleh Dinas PU Kota Medan. Sementara ini kita minta warga untuk mencari alternatif jalan lain untuk melintas dan kita akan melakukan penjagaan dikawasan tersebut untuk mencegah timbulnya korban jiwa di kawasan tersbut,” kata Camat Medan Marelan T. Khairuniza ketika dikonfirmasi.

Selanjutnya Camat T. Khairunisa mengungkapkan pihaknya akan terus melakukan pendataan untuk setiap infrastruktur Kota di wilayah Medan  Marelan yang perlu mendapat penanganan khusus oleh Pemko Medan, sebagaimana yang menjadi Komiten Walikota Medan Dzulmi untuk segera menuntaskan permasalahan infrastruktur yang ada di Kota Medan.








Leave a Reply