Pesta MEJUAH-JUAH Suku Karo Didukung oleh Suku Pakpak

0
324

B. KURNIA P.P. BERASTAGI. Pesta Budaya Mejuah-juah telah digelar di Kota Berastagi selama 4 hari (Kamis 26/ 10 – Minggu 29/ 10], ditandai acara Pembukaan dengan pemukulan gong oleh Wagubsu (Nurhajizah br Marpaung) didampingi Bupati Karo (Terkelin Brahmana) dan Ketua Panitia (Mulia Barus MSi). Acara Pembukaan yang dipusatkan di lokasi Pesta Taman Mejuah-juah Jl. Merdeka (Berastagi) ini disaksikan oleh ribuan peserta, tamu dan undangan.

Pesta Budaya Mejuah-juah adalah perhelatan yang diadakan sebagai salah satu cara merayakan, melestarikan, dan melindungi nilai-nilai budaya yang berasal dari kearifan lokal Suku Karo. Perhelatan selama 4 hari ini diisi dengan pawai kontingen dan  karnaval budaya Karo serta diisi dengan berbagai acara seperti Perlombaan, Pameran, dan hiburan rakyat.




Adapun Perlombaan yang dilaksanakan selama  acara ini adalah Pawai kontingen, fashion show budaya Karo, Vocal Group, lomba lukis branding pariwisata Karo, festival putri dan pangeran pariwisata Karo, lomba kuliner cimpa, lomba kuliner nurung bohan, lomba ukir ornamen, lomba kerajinan tangan kreatif dan lomba pokdarwis.

Wakil Bupati  Karo (Cory S Sebayang) telah menutup secara remi Pesta Budaya Mejuah-juah sore tadi [Minggu 29/10] dengan pemukulan gong. Wakil Bupati Karo dalam sambutannya mengatakan, Pesta Budaya Mejuah-juah merupakan suatu bentuk kesadaran untuk terus menerus mengembangkan dan melestarikan budaya daerah. Selain itu, pesta ini adalah juga wujud penghargaan dan kecintaan budaya warisan leluhur sekaligus membangkitkan kembali khasanah budaya Kabupaten Karo dengen mengedepankan kearifan lokal di tengah masyarakat.

Rombongan Suku Pakpak.

Wakil Bupati Karo mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat dan penyelenggara atas terlaksananya kegiatan ini. Dia berharap ke depannya kiranya event-event kegiatan pariwisata dapat berjalan lebih baik lagi.

Setelah penutupan, acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah-hadiah lomba. Turut memeriahkan kontingen defile Suku Pakpak dari GKPPD Kabanjahe, 17 kecamatan Kabupaten Karo dan dari unsur-unsur lainnya.

Hadir dalam acara penutupan: Dandim 0205/ TK Letkol Inf (Agustatius Sitepu), Unsur FKPD Karo, Sekdakab Karo (Drs. Kamperas Terkelin Purba MSi), anggota DPRD Kabupaten Karo, para asisten dan SKPD. Turut hadir tamu undangan Sekda Kabupaten Tobasa, Perwakilan Pusat Litbang Perumahan dan Pemukiman Kementrian PUPERA (Ir. Agus Sarwono dan Yuri Hermawan).








Leave a Reply