1200 PELAJAR MEDAN DIBEKALI WAWASAN KEBANGSAAN

0
167

NATALIE SEMBIRING. MEDAN. Pemerintah Kota Medan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Medan menggelar Pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi para pelajar Kota di Hotel Garuda Plaza Medan, Selasa (31/10). Pendidikan Wawasan Kebangsaan ini sebagai upaya pembekalan kepada pelajar di Kota Medan dalam memahami ideologi kebangsaan.

Kegiatan ini dibuka oleh Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kota Medan Ceko W. Ritonga pada acara yang turut dihadiri Danramil Medan Barat, Kapten A.M Marpaung, dan Perwakilan BNN, Askamani, SP.




Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Kesbangpol Kota Medan ini menjadi catatan penting bagi Walikota dan Pemko Medan mengingat minimnya fasilitasi pembelajaran Pendidikan Kebangsaan kepada 1.200 pelajar d Kota Medan yang ada saat ini.

Walikota mengatakan sebagai bangsa yang kuat, kita harus menyadari berdirinya bangsa Indonesia hingga saat ini adalah karena adanya rasa kecintaan yang dalam dan persatuan yang kokoh dari pendahulu terhadap bangsa dan tanah air.

Dalam pengamatannya, rasa kecintaan terhadap bangsa dan tanah air sedikit demi sedikit sudah mulai hilang, terutama pada generasi muda. Pesatnya perkembangan globalisasi juga turut berperan dalam mempengaruhi penurunan wawasan kebangsaan masyarakat.




Untuk itu dirinya mengapresiasi penuh diselenggarakannya Pembekalan Pendidikan Wawasan Kebangsaan kepada para pelajar.

“Sangatlah penting menanamkan nilai-nilai luhur dalam wawasan kebangsaan melalui pendidikan seperti ini kepada para pelajar. Sebagai generasai muda, mereka harus kita bekali dengan Pendidikan Kebangsaan yang berkualitas,” ungkap Ceko saat membacakan sambutan Walikota Dzulmi Eldin.

Diharapkannya, para pelajar ini menjadi agen-agen untuk mengembalikan dan menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan bagi pelajar lain di lingkungan sekolahnya masing-masing, sehingga generasi muda bangsa tidak hanya cerdas intelektual tetapi juga memiliki nilai-nilai kepribadian bangsa yang kuat.

Sebelumnya Panitia Pelaksana, Kabid Ideologi Kesbangpol, Ali Tohar menyebutkan kegiatan ini diikuti oleh 1.200 pelajar yang berasal dari perwakilan setiap SMA/ SMK di Kota Medan, dimana kegiatan tersebut dibagi 6 angkatan yang masing-masing angkatannya berjumlah 200 orang.

“Kegiatan yang berlangsung sampai 9 November 2017 mendatang ini menghadirkan narasumber dari BNN Provinsi Sumut, Kodim 0201/BS, serta dari Kesbabgpol Kota Medan,” tutupnya.





Leave a Reply