NELSON GINTING. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi)  akan menjadikan  trotoar di sekeliling Lapangan Merdeka Medan jalur pedestrian (pejalan kaki), termasuk depan Merdeka Walk yang selama ini dijadikan lokasi parkir sepeda motor maupun mobil. Juga  akan ditempatkan sejumlah tempat duduk sehingga masyarakat dapat menikmati suasana di seputaran titik 0 (nol) Kota Medan itu dengan tenang dan nyaman.

Untuk membangun pedestrian itu, Wali Kota menunjuk 3 organisasi perangkat daerah (OPD)  yang melaksanakannya yakni Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Diharapkan, jalur pedestrian beserta perlengkapan pendukungnya sudah dapat dinikmati pada malam pergantian tahun.




Kadis PU Kota Medan (Khairul Syahnan), ketika dihubungi [Rabu 1/11], membenarkan rencana ini. Dikatakannya, Dinas PU bertugas membangun konstruksi, Dishub membuat desain, sedangkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang melengkapi fasilitas pendukung pedestrian seperti tempat duduk, taman maupun tempat yang  dapat digunakan warga Medan maupun wisatawan untuk selfie (swafoto).

“Saat ini, kita sedang membangun konstruksi untuk jalur pedestrian di sekeliling Lapangan Merdeka,  termasuk depan Medan Walk. Dengan pembangunan konstruksi  tersebut, tentunya kawasan ini tidak bisa digunakan sebagai lokasi parkir lagi seperti  yang selama ini dilakukan,” kata Syahnan.

Pembangunan jalur pedestrian ini, jelas Syahnan, merupakan ide Wali Kota untuk menjadikan seputaran Lapangan Merdeka sebagai ikon baru di Kota Medan. Sebab, pembangunan jalur pedestrian ini tidak hanya fokus untuk pejalan kaki tetapi juga dilengkapi fasilitas pendukung seperti taman serta lampu penerangan jalan.

Demi mendukung kenyamanan masyarakat maupun  wisatawan yang melintasinya, Syahnan mengatakan jalur pedestrian yang dibangun ini akan dilengkapi dengan bangku taman. Oleh karenanya Syahnan pun optimis, kehadiran jalur pedestrian ini  nantinya akan  menambah estetika Kota Medan.

“Untuk lebih jelasnya lagi, bisa hubungi Dishub sertan Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Sebab, kita hanya bertugas untuk membangun konstruksi jalur pedestrian yang kini dalam tahap pengerjaan. Kita tergetkan pembangunan konstruksi ini selesai sebulan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembangunan fasilitas pendukung,” ungkapnya.

Syahnan mengaku, salut  dan sangat mengapresiasi ide brilian Wali kota. Tidak hanya fokus perbaikan infrastruktur baik jalan maupun drainase, Wali Kota ternyata juga concern menata wajah Kota Medan sehingga menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“Saya yakin jalur pedestrian di seputaran Lapangan Merdeka ini akan menjadi ikon baru di Kota Medan. Insya Allah, masyarakat maupun wisatawan sudah dapat menikmatinya pada malam pergantian tahun nanti,” paparnya.

Berdasarkan amatan SORA SIRULO, para pekerja saat ini  tengah membangun konstruksi jalur pedestrian di seputaran Lapangan Merdeka, termasuk depan Merdeka Walk. Satu unit mobil molen tampak mengeluarkan coran. Setelah itu beberapa pekerja meratakan tumpukan coran di atas permukaan tanah yang akan dijadikan jalus pedestrian. Di samping itu ada juga beberapa pekerja tengah memasang kastin trotoar yakni blok semen pembatas  jalur pedestrian dengan badan jalan.








Leave a Reply