Species homo sapiens adalah species yang bisa dikategorikan unik, karena penuh dengan kejutan. Sejak muncul di Africa 200 ribu tahun yang lalu, species homo sapiens telah melewati beragam dinamika yang kemudian sukses melahirkan serangkaiaan revolusi.

Mulai dari revolusi kognitif, revolusi agrikultur, hingga revolusi scientific. Perubahan yang melewati proses panjang inilah yang melahirkan binatang tidak signifikan bernama manusia.




Karena bagaimanapun proses pencapaiaan manusia tidak akan membuatnya berhenti mencari dari terus bertanya, inilah mengapa hanya binatang manusia yang bisa melahirkan konflik yang super brutal, sementara binatang lain tidak serumit manusia dalam interaksinya dengan alam. Dengan science manusia akan terus berkembang sebagai species penjelajah, karena basic instingnya memang untuk menjawab berbagai pertanyaan yang lahir dari proses interaksinya dengan alam.

Sementara agama menjebak manusia dalam kubangan sejarah, mengulang hal-hal yang sama secara jumud, dan kita menjadi fanatik justru saat masih bernafas. Agama juga membuat manusia berhenti evolve akibat pikiran yang terjebak dalam imaginasi palsu.

Terakhir, bagi saya manusia adalah binatang spiritual, yang mencoba menjelaskan banyak hal lewat pengalaman hidup yang dibatasi oleh ruang dan waktu.

#Itusaja!








Leave a Reply