JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Mengingat pertumbuhan penduduk Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang kian pesat di tapal perbatasan, Pemerintah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang akan membangun Kerjasama (MoU) di berbagai bidang; a.i. bidang kebersihan, P2K, Pedagang Kaki lima (PK5) dan Infrastruktur bidang jalan dan drainase.

Hal ini terungkap pada rapat persiapan MoU yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Medan (Ir. Syaiful Bahri) didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Ir. Qamarul Fattah dan pimpinan SKPD terakit dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan Dedi Maswardi didampingi pimpinan SKPD terkait dan Camat di Kantor Walikota Medan [Jumat 3/11].




Ir. Syasiful Bahri mengajak seluruh peserta rapat, baik Pimpinan SKPD dari Pemerintah Kota Medan maupun dari SKPD Kabupaten Deli Serdang untuk membuka hati dan membuat yang terbaik dan saling menguntungkan kepada kedua daerah yang berbatasa antara Kota Medan dan Deli Serdang.

“Banyak hal yang dapat dilakukan demi kebaikan bersama. Membuat kerjasama antara Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang ini merupakan Konsep Perkotaan Mebidang,” ujar Sekda.

Mantan Kepala Bappeda Kota Medan itu berharap agar segera kedua belah pihak merumuskan dan menyusun butir-butir Nota Kesepahaman yang saling menguntungkan (win-win solusion). Misalnya di bidang kebersihan, tentunya banyak hal yang dapat dilakukan dalam bentuk kerjasama nantinya terutama bidang Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA).

“Sementara kita punya lahan TPA di Deli Serdang, namun sekarang tidak dapat kita manfaatkan, tentunya didalam hal kerjasama ini dapat dibahas dan persyaratan apa yang harus kita penuhi agar TPA Namo Bintang dapat kita manfaatkan kembali,” ucapnya.

Dedi Maswardi selaku pejabat Asisten Pemerintahan Umum merupakan perwakilan pemrintahan Kabupaten Deli Serdang mengatakan sangat setuju atas saran dan pendapat yang disampaikan Sekretaris Daerah Kota Medan (Syaiful Bahri).

“Kita yakin bentuk kerjasama ini akan terlaksana dalam tahun ini juga, karena Kota Medan ini lahir dari daerah Kabupaten Deli Serdang. Tentunya kedua daerah ini akan bersinergi untuk melakukan pembangunan yang lebih maju ke depan,” harapnya.








Leave a Reply