DENHAS MAHA. MEDAN. Wakil Walikota Medan (Ir. H. Akhyar Nasution MSi) menghadiri malam amal lintas agama dan doa bersama untuk muslim rohingya, di Tiara Convention Center [Sabtu 4/11]. Selain melakukan pengumpulan dana untuk muslim Rohingya, acara ini juga diisi dengan doa bersama, dibawakan oleh pemuka agama dari masing-masing agama yang ada di Indonesia diantaranya Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu.

Wakil Walikota Medan dalam sambutanya mengaku sangat mengapresiasi dengan digelarnya kegiatan ini. Kebersamaan dan rasa saling peduli ini merupakan wujud dari Medan rumah kita.

“Hari ini kita hadir dengan tujuan yang sama yaitu mendoakan saudara kita muslim rohingya sekaligus berbagi penghayatan dan perwujudan kerukunan umat beragama dikota Medan,” kata Wakil Walikota.




Selain itu, Medan yang terkenal dengan multietnis dan kerukunan hidup warganya yang berbilang kaum dan berbilang bangsa. Namun, belakangan ini, isu SARA dan radikalisme berhembus cukup kencang di Tanah Air, padahal berbangsa dan bernegara artinya adalah berbagi ruang hidup dengan orang lain yang beragam latar identitas.

“Kita punya identitas suku, identitas agama dan identitas sosial. Kita tidak boleh membedakan identitas ini, tapi kita harus menyatukannya dalam kerukunan dan kedamaian,” kata Wakil Walikota.

Lebih lanjut lagi, Wakil Walikota menekankan bahwa Indonesia bukanlah negara agama, tetapi Indonesia merupakan negara berketuhanan. Dimana setiap warga negaranya wajib menjaga keharmonisan hidup antar pemeluk agama dengan saling menjaga toleransi. Namun sayangnya, di Myanmar telah terjadi gerakan intoleran yang menyebabkan para muslim Rohingya di Rakhine menjadi korban. Syukurnya hal tersebut tidak pernah terjadi dikota Medan. Umat lintas agama masih terbuka hati nuraninya ketika melihat penderitaan kaum minoritas rohingya di Myanmar.

“Empati yang ditunjukkan malam ini mengindikasikan bahwa umat lintas agama di Kota Medan lebih peka terhadap upaya membina kehidupan harmonis antar umat beragama,” ujar Wakil Walikota.




Di akhir sambutan, Wakil Walikota kembali mengajak seluruh undangan yang hadir untuk berdoa bersama agar muslim rohingya mendapatkan kembali kedamaian hidup.

“Mari kita semua mendoakan agar saudara rohingya kita akan kembali mendapatkan kedamaian hidup mereka kembali sebagaimana kondisi sebelum terjadinya pembantaian berdarah di Rakhine,”ajak Wakil Walikota.

Sebelummnya, Ketua Pelaksana kegiatan Edi sujono, mengatakan organisasi lintas agama telah melakukan penggalangan dana di tempat-tempat ibadah. Hasil yang didapat akan disumbangkan untuk membantu para muslim rohingya.

“Ini merupakan kegiatan nyata agar dapat meringankan beban pengungsi rohingya, dana yang terkumpul akan digunakan untuk membuat tempat penampungan sementara dan menyediakan makanan bagi para muslim rohingya,” jelas Edi Sujono.










Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.