Tingkatkan Derajat kesehatan Masyarakat Medan

0
60

NATALIE SEMBIRING. MEDAN. Pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka berlangsung meriah [Minggu 5/11]. Selain senam jantung sehat, kegiatan yang digelar dalam rangka mengajak masyarakat mengurangi polusi udara yang disebabkan emisi gas kenderaan bermotor ini, juga diiisi dengan jalan sehat yang dilaksanakan Lions Club.

Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) bersama anggota DPR RI (Sofyan Tan) melepas peserta jalan sehat yang diikuti ribuan peserta tersebut.

Yang membuat jalan sehat ini semakin menarik lagi, para peserta umumnya membawa bendera Merah Putih berukuran kecil. Begitu melintasi garis finish, mereka pun langsung mengangkat tangan kanan dan melambai-lambaikan bendera. Lambaian ini pun langsung dibalas Wali Kota yang juga memegang bendera Merah Putih berukuran sama dari atas podium bersama Sofyan Tan beserta salah seorang pengurus Lions Club.




Setelah itu para peserta jalan sehat pun dengan penuh semangat berjalan mengikuti rute yang telah ditetapkan. Wali Kota sangat mengaprresiasi digelarnya jalan sehat ini. Sebab, kegiatan ini dinilainya sebagai bentuk penerapan pola hidup sehat dalam upaya menyehatkan jasmani dan rohani.

“Itu sebabnya Pemko Medan selalu mendukung setiap kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Wali Kota.

Guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Wali Kota mengatakan Pemko Medan setiap Minggu pagi menggelar CFD di Lapangan Merdeka. Selain senam jantung sehat, CFD juga diisi dengan kegiatan olahraga lainnya seperti jalan santai, jogging, sepatu roda, fun walk maupun kegiatan olahraga lainnya. Di samping itu tambahnya lagi, Pemko Medan juga telah melengkapi Lapangan Merdeka dengan sejumlah peralatan olahraga. Selain Lapangan Merdeka, sejumlah taman lainnya juga dilengkapi peralatan olahraga seperti Taman Ahmad Yani, Taman Gajah Mada serta Taman Teladan.

“Semua peralatan ini kita sediakan agar masyarakat dapat berolahraga,” ungkapnya.

Selanjutnya, Wali Kota mengajak stakeholder lainnya untuk memanfaatkan momen CFD dengan menggelar kegiatan olahraga. Dengan rutinnya masyarakat berolahraga, Wali kota optimis semakin meningkatkan derajat kesehatan. Di samping itu juga dapatb menghindarkan dari perbuatan yang negatif.

“Untuk itu kegiatan olahraga harus terus dibangkitkan dan kembangkan,” tegasnya.

Selain jalan sehat, CFD juga diisi dengan senam jantung sehat yang juga diikuti ribuan warga. Di samping itu ada juga warga yang menggunakan moment CFD dengan membawa anggota keluarganya menikmati fasilitas olahraga maupun bermain yang ada di Lapangan Merdeka. Kemudian sejumlah komunitas seperti sepeda menggunakan CFD untuk berkumpul dan meningkatkan tali silaturahmi.








Leave a Reply