Akhyar Minta Pelaku UKM Terus Berinovasi Jaga Ciri Khas Medan

0
67

SALMEN S. KEMBAREN. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs HT Dzulmi S MSi) berharap agar kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) selalu berinovasi untuk meningkatkan kualitas produk dengan tetap menjaga nilai-nilai dan ciri khas Medan, serta memanfaatkan teknologi komunikasi untuk melakukannya. Jika itu dilakukan, dia optimis produk UMKM mampu bersaing, termasuk menghadapi pasar global.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota Medan (Ir H Akhyar Nasution MSi), saat membuka Gebyar UKM di Auditorium RRI Jalan Gatot Subroto Medan [Selasa 7/11].

Di samping itu, tambah Wali Kota lagi, perlu dilakukan pembenahan aspek pengemasan dan pemasaran sehingga produk UKM yang dihasilkan benar-benar menarik perhatian. Untuk itulah melalui Organisasi Perangfkat Daerah (OPD) terkait, Wali Kota mengatakan Pemko Medan akan terus melakukan pembinaan terhadap para UKM. Di hadapan Direktur Kantor Perwakilan BI Haris Merijal, Ketua UKM Centre Sumut (Deni Faisal Mirza) dan segenap pelaku UKM ini, Wali Kota selanjutnya mengungkapkan, Medan saat ini banyak memiliki produk unggulan dan potensial dari UKM; mulai tekstil, kuliner sampai kerajinan tangan.




Selain itu, tambah Wali kota lagi, produksi ekspor UKM di Medan kian meningkat dari tahun ke tahun. Diharapkannya, produk yang dihasilkan UMKM bisa menembus dan bersaing dalam pasar nasional maupun internasional.

“Untuk itulah Pemko Medan akan terus melakukan pematangan dan pembinaan kepada kelompok UMKM yang ada di Kota Medan,” kata Wakil Wali Kota.

Atas dasar itulah mantan anggota DPRD Medan ini selanjutnya sangat mengapresiasi digelarnya Gebyar UKM ini. Sebab, dia menilai event ini dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan berbagi produk unggulan yang dihadilan UKM di Kota Medan. Oleh karenanya dia berharap kegiatan seperti ini rutin dilakukan sehingga dapat sarana promosi produk unggulan UKM.




Kemudian Wakil Wali Kota mengajak mengajak para pelaku UKM untuk selalu meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam menghasilkan produk unggulan.

“Di samping itu jangan lupa untuk selalu menjaga nilai dan ciri khas dari produk unggulan yang dihasilkan. Dengan demikian produk yang dihasilkan punya keunggulan dan kelebihan. Yang lebih penting lagi, manfaatkanlah teknologi komunikasi untuk memasarkan produk tersebut,” pesannya.

Usai membuka Gebyar UKM, Wakil Wali Kota selanjutnya menyerahkan penghargaan kepada instansi yang selama setahun ini telah berperan dan memberikan perhatian kepada peningkatan kualitas UKM, salah satunya Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan.Diharapkannya, penghargaan itu semakin menginspirasi dan memotivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi untuk kemajuan UKM di Kota Medan.


Leave a Reply