ITA APULINA TARIGAN. JAKARTA (Indonesia). Mutia Hanifah asal Bogor tengah menempuh studi Ilmu Kimia Terapan di Departemen Ilmu Kimia, Xi’an Jiaotong-Liverpool University di Suzhou, Tiongkok.

“Ketika masih anak-anak, saya menonton iklan TV yang menayangkan reaksi kimia saat sebuah cairan berubah warna, dari kuning menjadi merah seperti aksi sulap. Saya sangat terkesan, dan mengira hal tersebut merupakan proses kimia. Makanya, saya ingin menjadi ahli kimia suatu saat nanti,” tuturnya.

Mutia mengikuti sekolah kejuruan menengah atas di Bogor. Di sana, ia belajar tentang analisis kimia. Dia pertama kali berkunjung ke Tiongkok lewat proram magang di Provinsi Hunan sebagai bagian dari program pendidikan di sekolah menengah atas.




Awalnya, dia berencana melanjutkan studinya di Indonesia, namun ketika menyelesaikan program magang, dia memutuskan untuk menempuh pendidikan tinggi di Tiongkok.

“Karena saya menyukai lingkungan, bahasa dan cuacanya,” jelas Mutia.

Antusiasme untuk mengenyam pendidikan di Tiongkok akhirnya membuat Mutia menjajaki XJTLU dan Beasiswa Jasmine dari Provinsi Jiangsu. Dia sangat gembira ketika menyadari XJTLU menawarkan program akademik dalam ilmu kimia yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

“Itu sangat pas sekali dengan keinginan saya,” katanya.

Sambil menuntaskan Tahun Pertama, Mutia mengajukan diri sebagai duta pelajar internasional. Dari menyambut para pengunjung di XJTLU dan memandu tur kampus, hingga berbicara dengan para pelajar di sejumlah sekolah di Tiongkok, serta menghadiri pameran rekrutmen internasional, Mutia ingin membagikan pengalamannya sendiri untuk mengajak para pelajar lain agar menempuh studi di XJTLU.




“Menjadi duta pelajar ialah kesempatan istimewa, sebab kami menjangkau berbagai orang dari latar belakang budaya yang berbeda-beda, serta kami pun dapat saling berbagi dan belajar satu sama lain,” ujar Mutia.

Sebagai cerminan dari pengalamannya di XJTLU, Mutia menjelaskan, kegiatan belajar di XJTLU telah memperluas pola pikirnya dan membuatnya percaya diri.

“Saya memiliki sejumlah teman asal Tiongkok dan belahan dunia lain. Saya sangat menyukai sikap para tenaga pelajar yang menganjurkan agar kami berkonsultasi dengan mereka secara pribadi jika kami memiliki pertanyaan tentang perkuliahan,” ujarnya.

Anda dapat menjajaki pilihan kuliah di XJTLU dan menjalani petualangan baru di Tiongkok, dengan mengeklik tautan ini.





Leave a Reply