Bangun Komunikasi Sosial Melalui Gotong Royong Bersama

0
64

NELSON GINTING. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzumi Eldin S MSi) diwakili Camat Medan Petisah (Parlindungan Nasution) memberikan apresiasi kepada Kapolsek Medan Baru (Kompol Victor Ziliwu SH SiK MH) beserta petugas Bhabinkamtibmas yang telah bersinergi membangun komunikasi sosial dengan jajaran Kecamatan Medan Petisah melalui gotong royong bersama [Rabu 8/11: Pagi].

Selain membersihkan sampah dari dalam Sungai Putih, gotong royong bersama jajaran Polsek Medan Baru dengan kecamatan Medan Petisah diwujudkan dengan membabat rumput di bantaran Sungai Putih sepanjang lebih kurang 500 meter. Persisnya di perbatasan antara Kelurahan Sei Putih Tengah dan Kelurahan Sei Putih Timur II.

“Saya harapkan ke depannya, program Rabu dan Jumat bersih ini bisa berkelanjutan demi menuju hidup bersih dan sehat. Dengan membersihkan Sungai Putih ini diharapkan aliran sungai makin lancar dan bisa mengurangi kemungkinan terjadinya banjir,” kata Parlindungan.

Sebagai wujud komitmen bersama dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat sesuai dengan instruksi Wali Kota, Parlindungan mengatakan gotong royong bersama ini harus terus ditingkatkan dan digalakkan.




“Semangat gotong royong yang selalu digelorakan Bapak Wali Kota dalam setiap dalam kesempatan harus kita implementasikan. Apalagi hal ini sesuai dengan program Pemko Medan untuk menciptakan Kota medan bersih, hijau dan sehat,” ungkapnya.

Parlindungan selanjutnya berharap, kegiatan kemitraan ini ke depan tidak hanya dilakukan personil Polri saja, tapi bisa makin banyak melibatkan masyarakat sekitar pada khusunya, para tokoh masyarakat serta tokoh pemuda di Kecamatan Medan Petisah.

“Saya harapkan kegiatan ini bisa rutin dilakukan setiap hari Rabu, dan Kamis di wilayah kecamatan Medan Petisah bisa terus berkelanjutan. Sebab keseriusan untuk menjaga, merawat dan melindungi lingkungan jauh lebih peting dari itu semua,“ harapnya.

Kapolsek Medan Baru Kompol Victor Ziliwu didampingi Panit I Polmas Ipda Ganepo Sembiring, Panit II Ipda Sariono mengatakan kegiatan kemitraan ini merupakan peran serta Polri dalam satu diantara kegiatan Karya Bhakti Polri Peduli Lingkungan di Kacamatan Medan Petisah.

“Khususnya Bhabinkamtibmas yang ditugaskan, selain untuk dapat mempererat silaturahmi antara polisi dengan warga dan jajaran aparatur Kecamatan Medan Petisah, juga bersama sama gotong royong membersihkan lingkungan. Kebetulan Kecamatan Medan Petisah melaksanakan gotong royong membersihkan aliran sungai sehingga kami ikut mendukungnya. Melalui kegiatan ini diharapkan peran anggota Polsek Medan Baru dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,” jelas Victor.

Upaya peduli terhadap kebersihan lingkungan kata Victor, merupakan tanggungjawab bersama dan tak mengenal status sosial dan jabatan. Karena manfaatnya akan dirasakan bersama.




“Sudah menjadi kewajiban dan kami ingin menjadi bagian dari masyarakat,” paparnya.

Oleh karena itu Victor mengajak semua untuk jaga kebersihan lingkungan bersama agar hidup lebih sehat dan nyaman. Kepada warga agar selalu menjaga kebersihan sehingga terhindar dari ancaman banjir dan penyakit yang timbul akibat dari lingkungan yang kurang bersih. Gotong royong ini dimulai dengan membersihkan sampah dari dalam sungai, membabat rumput di bantaran sungai.

Kegiatan ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk meningkatkan semangat gotong royong di sekitar lingkungannya. Camat Medan Petisah dan Kapolsek Medan Baru selanjutnya melakukan sosialisasi bahaya narkoba ke rumah rumah warga yang bermukim di sekitar Sungai Putih dan Pajak Kandak, Kelurahan Sei Putih Timur II.


Leave a Reply