JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Pasca ambruknya jembatan Titi Dua sempat membuat terputusnya hubungan Kelurahan Belawan Bahari dengan Kelurahan Belawan Sicanang. Soalnya, jembatan itu merupakan satu-satunya penghubung kedua kelurahan (keduanya di Kecamatan Medan Belawan).

Guna menghubungan kembali kedua kelurahan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan telah membuat jembatan sementara.

Pembangunan jembatan sementara ini dilakukan setelah Wakil Wali Kota Medan (Ir H Akhyar Nasution MSi) melakukan peninjauan [Selasa 7/11]. Dalam peninjauan tersebut, Wakil Wali Kota minta jembatan sementara secepatnya dibuat sehingga hubungan antara kedua kelurahan tidak terputus.




Jembatan sementara itu tidak bisa dilalui kenderaan roda empat, sebab konstruksinya dikhususkan untuk sepeda motor dan pejalan kaki. Untuk menjaga keselamatan warga yang melintasinya agar tidak tercebur dalam sungai, sisi kiri maupun kanan jembatan dibuat pagar pengaman.

“Walaupun tidak bisa dilalui kenderaan roda empat, kita harapkan aktivitas warga kembali normal dengan keberadaan jembatan sementara ini. Di samping itu kita akan mengupayakan agar pemasangan jembatan bailey bisa dilakukan secepatnya,” kata Kadis PU Kota Medan (Khairul Syahnan) ketika dihubungi [Kamis 8/11].

Menurut Syahnan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menggunakan jembatan bailey milik Yonzipur I/DD tersebut. Syahnan berharap dalam sepekan ini selesai sehingga jembatan dapat dipasang dan dipergunakan warga sekitar.

“Insya Allah dalam dua pekan jembatan bailey sudah terpasang dan dipergunakan warga,” jelasnya.

Selanjutnya Syahnan mengungkapkan, jembatan bailey ini akan dipergunakan hingga jembatan baru selesai dibangun. Dikatakannya, pembangunan jembatan baru terus berlangsung, saat ini para pekerja tengah membersihkan konstruksi jembatan lama yang ambruk. Setelah itu dilanjutkan dengan pemasangan pondasi.

“Kalau jembatannya sudah dicetak dan tinggal dipasang saja. Pemasangan jembatan baru dilakukan setelah semua pondasinyaq selesai dibangun. Kita harapkan pembangunan jembatan baru secepatnya selesai sehingga aktifitas warga normal kembali seperti semua. Untuk itulah kita harapkan kesabaran dan pengertian warga sekitar,” harapnya.

Berdasarkan pantauan dari lokasi, sejumlah alat berat tampak diturunkan untuk mendukung kelancaraan pengerjaan disaksikan ratusan warga sekitar. Selain membangun pondasi jembatan baru, pengerjaan yang dilakukan untuk mendukung dipasangnya jembatan bailey yang akan dipergunakan warga untuk sementara menunggu selesai dibangunnya jembatan baru.








Leave a Reply