• Lebih dari 20% pengunjung berasal dari 25 negara dalam acara GameStart 2017

  • Jumlah pengunjung memecahkan record baru dalam Hajatan Akbar di Asia Tenggara

  • Diskusi yang sangat menarik dalam Konferensi Bisnis Perdana SEA Summit

 

ADINDA DINDA. SINGAPURA. GameStart 2017, edisi ke-4 konvensi game akbar di Asia Tenggara yang diselenggarakan oleh Eliphant berakhir dengan kesuksesan luar biasa. Berlangsung pada tanggal 14 & 15 Oktober di Suntec Convention Centre, GameStart 2017 dihadiri oleh 24.000 pengunjung lokal maupun mancanegara, sebuah peningkatan sebesar 20% dari jumlah tahun lalu.

Live stream resmi acara ini yang disiarkan pada Twitch dan Facebook Live ditonton oleh lebih dari 80.000 pemirsa. Adapun konferensi bisnis SEA Summit pada tanggal 12 dan 13 Oktober yang dihadiri oleh 46 pelaku industry juga berakhir dengan sukses.

 

Lebih dari 24.000  pengunjung dari 25 negara

Acara dengan tema Cyberpunk ini menempati lebih dari tiga balai, lebih banyak dari tahun lalu dengan hanya dua balai, serta menampilkan berbagai game baru maupun game favorit yang kembali lagi.




Pada Founders Base, 16 perusahaan game indie dan startup dari Singapura, Indonesia dan Taiwan menampilkan berbagai permainan untuk dicoba oleh pengunjung, seperti Ultra Space Battle Brawl dari TOGE Productions (Indonesia) dan BattleSky Brigade dari Battlebrew Productions (Singapura). 16 pengembang lokal game indie juga hadir dengan permainan-permainan baru di Games Pavilion oleh International Game Developers Association of Singapore (IGDA|SG), yang didukung oleh IMDA. (List of games – https://gamestart.asia/gamestart-2017/singapore-games-pavilion-by-igda/)

Game favorit yang tetap tampil kali ini adalah Doujin Market dengan 40 gerai yang memukau pengunjung dengan aneka karya seni dan merchandise, area RetroDNA, dan theSecretlab Grand Prix Chair Race, yang kembali untuk tahun kedua.

Para penggemar game analog dimanjakan dengan penampilan perdana area gaming GameStart TableTop (GST), dengan meja gaming Dungeons and Dragons, turnamen tabletop dan area demo untuk Magic: The Gathering and Final Fantasy TCG. Para pengunjung dapat menikmati berbagai makanan dan minuman di Drinkery sembari melihat teknologi terbaru dari Samsung atau melihat aksi-aksi menegangkan di gerai SEA Major.

Para gamer sangat menikmati Dragonball FighterZ yang telah lama dinantikan dari Bandai, Final Fantasy Dissidia yang belum diluncurkan oleh PlayStation, Gran Turismo Sport serta debut Asia Tenggara dari Shadowverse oleh Cygames.

Pada acara penghargaan GameStart Indies Awards, Cat Quest dari Gentlebros (Pilihan Pengunjung) dan Songbird Symphony (Pilihan Juri) dari Joysteak Studios mendapatkan kesempatan untuk tampil di Taipei Game Show 2018.

Keceriaan tidak pernah berhenti di GameStart 2017. Tamu khusus yang hadir termasuk Direktur Game Legendaris dari NieR: Automata YOKO TARO, produser Square Enix Yosuke Saito, dan desainer board game ternama, Eric Lang. Para pengunjung juga dapat melihat ARTBLOVK Gallery Exhibition atau membeli kaos dari Xmashed Gear dan alat-alat gaming dari Armaggeddon.

 

SEA Summit — Menyentuh Tepat Segala Permasalahan dalam Bisnis Gaming

Eliphant, penyelenggara GameStart Asia, dan International Mobile Game Awards (IMGA) juga menyelenggarakan konferensi bisnis perdana SEA Summit pada tanggal 12 dan 13 Oktober. Para pakar industi setempat maupun mancanegara, termasuk konsultan, investor, editor media dan gamer professional berkumpul untuk saling berbagai pendapat mengenai esports dan kesempatan serta tantangan dalam bisnis game.

Dalam edisi kedua penghargaan SEA award dari International Mobile Gaming Awards (IMGA) pada tanggal 13 Oktober setelah Summit, 13 dari 65 hasil karya yang turut serta tampil sebagai pemenang. (Daftar pemenang: http://sea.imgawards.com/winners-nominees/2nd-imga-southeast-asia/)




Akhir Pekan dengan Game bersama keluarga, teman-teman dan sanak-saudara

Sebanyak lebih kurang 1.000 cosplayer hadir berpakaian seperti karakter game favorit mereka dengan penampilan cosplay selebritas seperti AstroKerrie, Vera Chimera, Ying Tze dan Carry. Kontes NieR Cosplay juga diadakan dengan bekerja sama dengan SOZO dan Sony Music, serta para juri ternama seperti Tokumaru Oguri-san (Presiden World Cosplay Summit Co. Ltd), YOKO TARO dan Yosuke Saito.

“Kami sangat senang dengan respon pada GameStart 2017 dan berterima kasih atas dukungan dari para peserta pameran, mitra, sponsor dan yang terpenting, para fans game. Kita memiliki komunitas game luar biasa di sini di Asia, dan acara ini tidak akan mungkin terselenggara tanpa dukungan dari setiap orang yang terlibat.” ujar Elicia Lee, Pendiri GameStart Asia.

 

Esports Sangat Diminati dalam SEA Major

Dengan semakin banyaknya peminat esports, gaming kompetitif mencapai puncaknya dalam acara GameStart 2017. Konvensi ini juga menyelenggarakan SEA Major 2017, sebuah turnamen fighting game terbesar di Asia Tenggara, dan SEA Mobile Major.

Dengan lebih dari 930.000 video yang diputar pada 540.000 gawai unik pada Twitch, para pemain mancanegara menunjukkan kebolehannya pada Capcom Pro Tour 2017 Asia Regional Finals, Tekken 7 Asia Regionals, Windjammers APAC Championship, Marvel vs Capcom: Infinite Battle of the Stones dan turnamen lainnya. Adapun game lain yang masih tetap diminati oleh orang banyak adalah GameStart FIFA 18 Tournament, turnamen Battleground Playerunknown yang baru dan Grand Final Legion Singapore League, Shadowverse SEA Open serta tunamen Vainglory.















Leave a Reply