SRI BERU KARO. BATAM. Kita sudah lama kenal istilah Jeruk Medan yang sebenarnya lebih pantas disebut Jeruk Karo karena umumnya memang berasal dari Dataran Tinggi Karo, sedangkan di Medan sangat minim daerah pertanian dan jeruk madu tidak tumbuh di Medan.

Demikian juga halnya beberapa jenis sayuran yang sebenarnya asal Dataran Tinggi Karo disebut berasal dari Medan di tempat-tempat pasar Batam.

Selain Jeruk Madu Medan, di Batam dikenal pula istilah Kentang Medan dan Wortel Medan. Baik jeruk maupun kentang dan wortl adalah produk pertaian berrhawa dingin yang didapati di Dataran Tinggi di atas 1.000 meter dari permukaan laut. Seperti halnya Berastagi yang berada pada ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut sehingga cocok untuk kentang dan wortel.




Mungkin penamaan Jeruk Madu Medan, Kentang Medan, dan Wortel Medan merujuk kepada tempat yang paling dikenal di daerah tujuannya dan bagi warga setempat tidak terlalu penting mengetahui detilnya, yang penting bisa menjadi pembeda dengan produk-produk lain.

Seperti halnya setiap orang yang berasal dari Sumatera Utara disebut orang Medan di Pulau Jawa, sedangkan kebanyakan yang mengaku dari Medan itu adalh dari Suku Batak. Akibatnya, Medan sekarang ini disebut Kota Batak. Padahal, orang-orang Batak sendiri di Medan adalah perantau yang nun jauh dari sono di Selatan Danau Toba.








Leave a Reply