ANG SAN MEI. NANJING (China). ET Energy, pengembang dan pengelola energi bersih terkemuka di dunia, telah mengumumkan [Selasa 16/11] kiprahnya bersama mitra kerja, Northwest Electric Power Design Institute Co., Ltd. (“NWEPDI”), anak usaha China Power Engineering Consulting Group, yang telah menandatangani perjanjian turn-key EPC dengan UiTM Solar Power Sdn. Bhd., pengembang lokal terdepan dalam bidang energi fotovoltaik (solar photovoltaic).

Menurut perjanjian tersebut, ketiga perusahaan berkomitmen membangun pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 61MWp di Malaysia.

Berlokasi di Gambang, Kuantan, Pahang, ada lebih dari 220.000 modul surya yang akan terpasang di lahan 110 hektar. Proyek ini merupakan tahap pertama dari proyek Fotovoltaik Berskala Besar yang ditawarkan, serta pembangkit listrik tenaga surya 61MWp ini siap terpasang ke sistem kelistrikan pada akhir 2018. Listrik yang aman bagi lingkungan dari pembangkit listrik tenaga surya ini akan mencukupi kebutuhan 80.000 lebih rumah tangga.




Sebagai penyedia jasa turn-key energy, ET Energy akan bekerja dengan NWEPDI untuk menyediakan aspek rekayasa, pengadaan, konstruksi, operasional dan pemeliharaan yang terpadu. Dengan keahlian dan pengalaman masing-masing pihak dalam pembangunan dan pengelolaan proyek bertaraf internasional, proyek ini memiliki target yang tinggi menyangkut “penyelesaian sesuai jadwal” dan kinerja sistem yang baik.

“Kami bangga karena bisa menyediakan layanan terpadu bagi salah satu pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Malaysia,” ujar Dennis She, President & CEO, ET Energy.

Selanjutnya Dennis She menuturkan, ET Energy telah mendukung proyek ini sejak Juni tahun lalu.

“Layanan dan keahlian kami berperan penting dalam mendapatkan kepercayaan dari pihak pengembang proyek. Saya merasa sangat yakin bahwa proyek ini akan dituntaskan sesuai jadwal dan memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan pelanggan kami. Kami bertekad menghadirkan aset energi surya yang lebih menguntungkan dan berkelanjutan bagi Malaysia dan pelanggan global kami,” tutur Dennis.

Azlizan Fadzil, Group CEO, UiTM Holdings Sdn. Bhd, induk usaha UiTM Solar Power yang bergerak pada bidang investasi, berkomentar:

“Kami memiliki sasaran utama untuk menghasilkan nilai berkelanjutan dan cara-cara investasi yang efisien, serta kami berkomitmen mengubah ide menjadi langkah nyata, dan langkah mendatangkan pendapatan menjadi kekayaan. Sebagai pelopor industri pembangkit tenaga surya berskala besar di Malaysia, kami merasa nyaman bekerja dengan beberapa mitra yang ahli serta bertaraf dunia, seperti ET Energy dan NWEPDI.”








Leave a Reply