Pabrik Cip LED Terbaru Osram Mulai Beroperasi di Kulim

0
462

ADINDA DINDA. KULIM (Malaysia). Pabrik cip LED terbaru Osram di Kulim, Malaysia, mulai beroperasi secara tepat waktu. “Kami menyelesaikan proyek dengan tepat waktu dan sesuai anggaran,” tegas Olaf Berlien, CEO, OSRAM Licht AG, saat hadir dalam acara peresmian di Kulim pada Kamis.

Selanjutnya Olaf mengatakan, mengingat laju pertumbuhannya yang besar, mencapai 19 persen dalam sektor LED, perusahaan ini gembira memiliki fasilitas produksi terbaru ini.

“Investasi kami di Kulim juga membuktikan perubahan teknologi dan transisi kami menuju perusahaan high-tech: Awal dekade ini, lampu konvensional masih menyumbangkan 80% bisnis Osram. Kini, dua per tiga dari penjualan kami ialah semikonduktor optik,” paparnya.

Pada November 2015, sebagai bagian dari Diamond innovation dan program perkembangan bisnis, Osram mengumumkan rencana pembangunan pabrik cip LED baru di Kulim dan menargetkan kegiatan operasional pada akhir 2017. Pabrik modular, dapat diekspansi ini telah mulai beroperasi hanya dua tahun sejak rencana pembangunan diumumkan, serta satu setengah tahun sejak acara peletakan batu pertama. Total dana yang diinvestasikan mencapai EUR370 juta pada tahap pertama penyelesaian pabrik. Osram dapat meningkatkan pabrik ini dalam dua tahap lagi, meningkatkan total biaya investasi sebesar satu miliar Euro.




Aldo Kamper, CEO, unit bisnis Opto Semiconductors Osram, menekankan kapasitas produksi yang besar di Kulim: “Hanya dengan masa produksi selama satu minggu, kami dapat meremajakan seluruh lampu jalanan di kota metropolitan seperti New York, Rio, Hong Kong dan Berlin dan menggantinya dengan lampu LED.” “Agar dapat memperbarui seluruh lampu jalanan di dunia, pabrik Kulim hanya membutuhkan lima setengah tahun memproduksi lampu LED, jika kapasitas pabrik secara khusus dialokasikan hanya untuk kebutuhan tersebut. Penggunaan lampu LED dapat menghemat energi hingga mencapai 80 persen, bila dibandingkan dengan lampu jalanan konvensional. Selain itu, lampu LED memiliki stabilitas warna yang lebih baik dan dengan cepat diredupkan atau disesuaikan. Dengan demikian, jalanan atau trotoar yang kosong tak selalu harus diterangi dengan cahaya yang penuh.

Pabrik Osram di Kulim akan membuat cip LED biru, memakai lapisan pengubah, menghasilkan sinar berwarna putih. Produk tersebut dibuat untuk penggunaan lampu secara umum, seperti yang disebutkan di atas, yakni lampu jalanan. Namun, produk itu dapat juga digunakan pada penerangan fasad, atau untuk papan reklame – dan penggunaan khusus seperti lampu untuk pertanian. Pasar lampu LED global untuk penggunaan umum diperkirakan sebesar EUR6 miliar pada 2018, kira-kira enam persennya berupa produk lampu jalanan. Tingkat pertumbuhan tahunan bagi segmen pasar tersebut  mencapai tujuh persen per tahun, diperkirakan berlangsung hingga 2020. Secara keseluruhan, pasar bagi komponen optoelectronic, termasuk lampu umum – akan tercatat sebesar EUR17,5 miliar pada 2018.

Menurut rencana, pabrik di Kulim juga akan membuat cip LED dalam jangka menengah untuk penggunaan premium, seperti lampu otomotif dan proyeksi video. Berkat fasilitas baru di lokasi yang benar-benar baru pula, tak ada kompromi yang harus dilakukan terhadap desain pabrik. Lebih lagi, pabrik tersebut menghadirkan teknologi terkini. Jika dibandingkan dengan teknologi 4 inci, sistem produksi ini menggunakan wafers berukuran 6 inci untuk memproduksi 125 persen lebih banyak LED per wafer dalam satu siklus produksi.

Osram saat ini berinvestasi di seluruh dunia dan memperluas enam lokasi yang ada dalam jaringan produksi LED. Untuk itu, Osram juga memperluas pabriknya di Regensburg, yang kini memiliki sekitar 2.500 pegawai, dan akan mempekerjakan hingga 1.000 orang. Cip LED premium dan dioda laser, digunakan pada lampu depan mobil mewah, juga akan diproduksi, bersamaan dengan dioda infrared untuk alat sensor pada fitur facial recognition dalam ponsel canggih, atau di mobil untuk sistem bantuan termutakhir (seperti alat pengendali jarak).

Lebih dari itu, Osram akan memperluas pabriknya di Schwabmuenchen. Ke depan, Osram akan membuat material utama LED di clean rooms. Di samping itu, Osram juga memiliki pabrik lai untuk produk utama LED di sebuah kota di Amerika Serikat, Exeteer. Di Wuxi, Tiongkok, Osram tengah memperluas kapasitas pabrik untuk merakit cip LED menjadi LED komputer – yakni dioda yang memancarkan sinar dengan wadah dan sebagian menggunakan optik utama. Di PenangMalaysia, berdekatan dengan Kulim, cip LED juga diproduksi dan dirakit.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.