ANG SAN MEI. JIANGSU (China). Delegasi yang ikut serta dalam acara China-ASEAN Member States Information Ministerial Meeting mengunjungi Xi’an Jiaotong-Liverpool University untuk pertama kali, sebagai bagian dari kunjungan ke Suzhou di Provinsi Jiangsu, Tiongkok. Pertemuan ini bertujuan meningkatkan pertukaran informasi dan kerja sama antara Tiongkok dan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Para perwakilan dari Filipina, ThailandIndonesia, Kamboja, Laos dan Myanmar semuanya menghadiri kunjungan kampus di XJTLU.

Executive President, XJTLU, Profesor Youmin Xi menyambut delegasi tersebut bersama dengan Profesor David Goodman, Vice PresidentAcademic Affairs, Profesor Eng Gee Lim, DeanResearch and Graduate Studies, Profesor Stuart Perrin, DeanInternational Affairs, Dr Bi Xin, Deputy Director, Centre for Knowledge and Information serta Kirsty MattinsonDirector, XJTLU Global.

Dalam pidato pembukaan acara, Profesor Xi memaparkan pembentukan XJTLU dan berkata: “XJTLU memiliki staf kelas dunia dari beragam latar belakang.”




“XJTLU membanggakan kiprahnya dalam mengembangkan kaum dewasa muda agar menjadi penduduk dunia dengan kepemimpinan lintasbudaya, serta menjajaki berbagai metode untuk menjawab pasar tenaga kerja yang terus berubah, lewat model Syntegrative Education,” katanya.

Para pelajar yang mewakili dua negara ASEAN, yakni Indonesia dan Thailand, juga memberikan sambutan dan membagikan motivasi mereka menempuh pendidikan di Tiongkok dan XJTLU.

Mutia Hanifa, asal Indonesia, menempuh gelar BSc dalam bidang Applied Chemistry, bilang bahwa sebetulnya dia dapat mengenyam pendidikan kimia di mana saja, namun, di XJTLU, dia mendapatkan sesuatu yang berbeda:

“Ide pembentukan Universitas ini ialah mengembangkan generasi muda agar menjadi penyokong masyarakat secara positif.” Dia mengajak para pengunjung untuk mengingat XJTLU sebagai universitas istimewa, “dengan visi mewujudkan dunia yang lebih baik.”




“Masa depan dunia ada di Asia,” tegas Vimvaporn Pintuyothin asal Thailand yang mengejar gelar Master dalam bidang Operations and Supply Chain Management di International Business School Suzhou, XJTLU.

Mencerminkan banyaknya koneksi di Tiongkok dan teman dari seluruh dunia yang terjalin selama studinya, Vim menambahkan: “Saya berharap seluruh negara Asia dapat bekerja sama, membangun satu komunitas global yang terbaik, buat seluruh orang.”

Berdiri pada 2006, Xi’an Jiaotong-Liverpool University merupakan perguruan tinggi internasional terbesar yang dibentuk secara patungan di Tiongkok, kerja sama antara Xi’an Jiaotong University dan University of Liverpool. Visi kami ialah menjadi universitas internasional yang menitikberatkan penelitian di Tiongkok, dan universitas asal Tiongkok yang diakui dunia untuk berbagai fitur istimewa.





Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.