Kolom Ganggas Yusmoro: TERUNTUK YANG SUKA NGOCEH SOAL HUTANG

0
441

Wahai para coro yang suka nyinyir, ketika kalian semua mengatakan soal hutang Pak Jokowi. Baiklah, biar matamu melek, biar tidak berkepanjangan, saya hanya ngasih tahu sebagai berikut.

Anda mau bepergian lalu lewat jalan tol? Nah, mengingat jalan tol itu yang kata kalian hasil hutang, sebaiknya anda segera balik kanan. Jangan lewat. Malu, kan?







Lewat saja jalan biasa. Jika jalan itu mulus, itu juga dibiayai dengan hutang, balik aja lagi. Apalagi kalian bilang hutang yang berbunga adalah riba. Dosa besar. Terus, lewat mana? Gurun pasir juga boleh.

Karena jalan-jalan dibiayai dengan hasil hutang, lalu apakah kalian mau naik kereta api? Nah, pembangunan sarana kereta api juga dibiayai dari hutang, gimana, hayoo?! Riba lagi, bukan? Dosa lagi, kan? Terus gimana, dong? Beli Ontaaa..

Jalan-jalan dibiayai dari hutang. Naik kereta Api juga. Naik pesawat terbang? Ya, sama. Sami mawon. Bandara dengan bangunannya yang megah, itu dibiayai oleh dan dari investasi asing. Sama saja ngutang. Riba juga. Dosa juga. Terus naik apa? Capung juga boleh.

Tahun ini Indonesia telah swasembada pangan karena waduk-waduk yang mangkrak dibangun oleh Pak Jokowi. Duitnya dari mana? Ya, ngutang. Ribaa lagi. Jadi, beras yang kalian makan bisa jadi hasil dari irigasi yang dibangun duit hutang dan kalian berselfie-selfie di atas keindahan hutang dan riba yang kalian haramkan itu.

Jadi, kalian adalah para coro yang dikadali oleh junjungan kalian, supaya kalian membenci pemerintah. Membenci Pak Jokowi. Jika kalian memang konsisten takut riba, takut dosa, ya jangan ke mana mana.








Leave a Reply