JANNER SIMARMATA. MEDAN. Ratusan akademisi dan peneliti hadir dalam International Conference on Mechanical, Electronics, Computer, and Industrial Technology (MECnIT 2017) yang diselenggarakan oleh Universitas Prima Indonesia, Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer di Grand Kanaya Hotel Jl. Darussalam No.12, Sei Sikambing (Medan) [Rabu 6/ 12 – 8/ 12].


Sebagai keynote speakers adalah Prof. Dong-Hau Kuo (National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan), Prof. Wonsub Chung (Pusan National University), Wahyu Caesarendra PhD (Nanyang Technological University, Singapore) dan sebagai pembicara tamu adalah Poltak Sihombing PhD (Universitas Sumatera Utara, Indonesia).







Pada konferensi MECnIT ini ada hal yang menarik, dimana Robbi Rahim salah satu presenter yang menyajikan papernya dengan judul “INA-RXIV: The Missing Puzzle in Indonesia’s Scientific Publishing Workflow”, ditulis oleh 73 penulis dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Robbi sapaan akrabnya menyampaikan bahwa proses pengerjaan paper ini dilakukan secara online dengan membuat framework terlebih dahulu,” ucapnya.

Kemudian setiap penulis memberikan kontribusi terkait permasalahan yang dibahas, dan sebagai wadah utama yang digunakan adalah “PrePrint Server INA-Rxiv untuk saling memberikan kontribusi ketika paper mulai dikerjakan hingga selesai dan diterima sama penyelenggara konferensi ini.

“Kenapa kami membahas INA-Rxiv? Ini sudah sering kami bahas bersama dengan teman-teman akademisi disebuah WA Grup, alasannya karena ada proses evolusi naskah yang tercatat dan bisa diikuti oleh publik. Di sini, pelibatan publik yang lebih luas dalam memberikan umpan balik, sesuai dengan semangat era folksonomy yang tidak semata-mata menyandarkan pada pendapat ahli,” pungkasnya.

Dalam alur peer review, INA-Rxiv mengisi relung alur tersebut sehingga kualitas  naskah berpotensi menjadi semakin baik, disamping itu INA-Rxiv juga meningkatkan usabilitas dari naskah dan suplemen naskah dalam berbagai fase penulisan dan publikasi.

“Dan tak kalah penting, bahwa sejak dari masa insepsi oleh penulis, naskah yang diunggah ke INA-Rxiv sudah dapat disitasi,” tambahnya.

Harapannya dengan diterima dan dipresentasikannya paper dengan 73 penulis ini maka akan semakin banyak kolaborasi lain dilakukan, disamping itu juga kolaborasi ini membantu dosen yang belum memiliki ID Scopus.

“Leon Abdillah yang turut mendampangi Robbi Rahim menuturkan paper ini ditulis sebagai bentuk proyek awal yang dikerjakan oleh akademisi dan peneliti yang beraffiliasi dari berbagai perguruan tinggi, dalam rangka memperingati ulang tahun Republik Indonesia ke 73 tahun depan,” tuturnya.




Harapannya dengan diterbitkannya paper 73 penulis ini berarti membuka wawasan bagi atmosfer akademik di Indonesia.

“Dengan begitu, seluruh akademisi dan peneliti berpeluang untuk berkolaborasi lintas bidang dan instansi,” tutup Leon yang juga dosen di Universitas Bina Darma Palembang dan penerima Excellent Paper Awards of AICSIT 2017 di Pulau Penang, Malaysia pada Juli 2017 yang lalu.

Berikut adalah nama-nama 73 penulis, kolaborasi akademisi dan peneliti Indonesia dari 56 affiliasi institusi, yaitu: R Rahim, M Zarlis, D E Irawan, N Kurniasih, H Djanggih, S Sallu, D E Indriani, A S Ahmar, Y Yetti, A Hasibuan, A Aswari, D Hartama, R Ratnadewi, D Napitupulu, M Affaf, S Suharto, M Murjainah, A Zulfikar, I Mulyaningsih, R Hardi, T Listyorini, A P Pradana, A Ariyanto, N Qamar, R Hidayat, S Sriadhi, D Siregar, M I Setiawan.

Janner Simarmata, T M Diansyah, D U Sutiksno, M A Prasnowo, R F Nanuru, A A Gde Satia Utama, A Hendrawan, Achmad Daeng GS, L D Putri, A Najmurrokhman, F Soehardi, D Abdullah, M Ratodi, L Arliman S, E R Gultom, G Ginting, R N Yanti, A Iskandar, I Coryanata, I K Siregar, S S Wahyuni, A Ardiansah, V Amelia, M Mahjudin, H Fajrin R, E Emrizal, S Susiana, D H Saputra, N Setyowati, D Nofriansyah, T Suryanto, K Saddhono, C A Sugianto, H Ahmad, L Abdillah, R Rochmady, AAAP Ardyanti, MBN Wajdi, A P U Siahaan, M Mesran, I Saputra,  F T Waruwu, S Suginam, E Buulolo dan J Abraham.

Panitia penyelenggara konferensi ini menerima paper pada topik Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Computer Science, Industrial Technology, Information System & Technology dan semua paper yang dipresentasikan akan diterbitkan pada Journal of Physics: Conference Series yang terindeks pada ISI Web of Science, Scopus dan Ei Compendex.








Leave a Reply