Rektor Universitas Narotama Surabaya: Workshop WMA untuk Kejar Ketertinggalan Publikasi Internasional

0
214

JANNER SIMARMATA. SURABAYA. Universitas Narotama adakan Workshop on Multidisciplinary and Application (WMA2017) Part 2 dengan tema Writing Skills for International Reputable Publications, di Kampus Universitas Narotama, Jl. Arief Rahman Hakim No 51, Surabaya [Rabu 20/12].

Workshop WMA ini terlaksana atas kerjasama Universitas Narotama dengan Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI), targetnya adalah mempublikasikan artikel-artikel dosen pada publikasi prosiding bereputasi Internasional yang terindeks (Scopus atau Thomson-Reuters).







Kegiatan ini langsung dibuka oleh Rektor Universitas Narotama Hj Rr Iswachyu Dhaniarti DS ST MHP dalam sambutannya bahwa Universitas Narotama sangat mendukung kegiatan workshop WMA ini dan sesuai dengan program strategis Universitas Narotama dan Kementerian Ristek Dikti yaitu terkait dengan peningkatan jumlah publikasi internasional bereputasi.

“Rektor juga berharap agar kegiatan workshop WMA ini berkesinambungan dan dapat diselenggarakan kembali di kampus ini untuk percepatan peningkatan jumlah publikasi internasional,” ucapnya dan ini juga sekaligus untuk mengejar ketertinggalan kita dari negara tetangga seperti Malaysia, India dan China.

M. Ikhsan Setiawan Panitia penyelenggara dan sekaligus pemateri workshop ini melaporkan bahwa peserta yang mengikuti workshop WMA mencapai 60 orang dari berbagai daerah, seperti Palembang, Ambon, Malang, Kediri, Nganjuk, Jombang, Pasuruan, Balikpapan, Jember, Salatiga, Sidoarjo, Jambi dan Surabaya.

“Ouput dari WMA ini tidak hanya pada publikasi Proceeding Indexed Scopus namun diharapkan dapat meningkatkan sitasi sesama peserta workshop, yang terpenting semua peserta dapat berkolaborasi,” papar Ikhsan.

Diharapkan semua peserta memiliki kemampuan untuk menulis artikel ilmiah yang nantinya akan dipublikasikan sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. “Ikhsan meminta peserta workshop mengikuti semua kegiatan ini sampai sore nanti,” tukasnya.

Dr. Ifit Novita Sari MPd dari Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) salah satu peserta yang mengikuti workshop ini menyampaikan kegiatan ini sangat membantu kami dalam penulisan artikel ilmiah.

“Penulisan artikel ilmiah merupakan tuntutan bagi dosen saat ini, dimana harus memiliki artikel internasional sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 dan ini keharusan yang wajib dilakukan oleh dosen sebagai hasil publikasi penelitian,” tandasnya.




Pemateri workshop WMA ini adalah Wahyu Mulyo Utomo PhD (Writing a Research Paper to Reputable International Indexed Journal), Muhammad Ikhsan Setiawan (Collaboration, Write and publish Research Paper together), Agus Sukoco (Citations Management using Mendeley) dan Dr Sri Wiwoho Mudjanarko (Research Funding and International Publication).

KO2PI telah melaksanakan kegiatan serupa sebelumnya di Medan, tepatnya di Kampus STMIK Budi Darma [Sabtu 16/12]. Kegiatan yang dilaksanakan sekarang ini di Universitas Narotama adalah kegiatan yang ke dua.

Untuk tahun depan workshop WMA akan dilaksanakan di Aceh, Padang, Jakarta, Yogjakarta, Samarinda, Palembang dan Medan yang kesemuanya bekerjasama dengan universitas-universitas.








Leave a Reply