Kaum Perempuan Indonesia Jangan Takut Berpolitik

Oleh: Dr. Ribka Tjiptaning P AAK

 

22 Desember 1928, kaum perempuan menyelenggarakan Konggres pertamakalinya. Kongres itu dihadiri oleh 30 organisasi wanita. Semangat Konggres itu ingin menempatkan kaum perempuan turut aktif merebut kemerdekaan dan berperan dalam persoalan kebangsaan lainnya. Pada Tahun 1959 Oleh Presiden Soekarno, tanggal itu ditetapkan sebagai Hari Ibu.

Hari ini kita memperingati Hari Ibu untuk kesekian kalinya. Beberapa Minggu yang lalu, kita membaca berita seorang ibu berjuang menyelamatkan nyawa anaknya dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km, untuk mendatangi Puskesmas Sidamulya, Brebes. Puskesmas menolak melayani bayi berumur 7 bulan dalam keadaan kritis, karena alasan administrasi tidak lengkap. Nyawa sang bayi meregang.







Saya mengecam kebijakan Puskesmas Sidamulya, Brebes yang menolak melayani bayi tersebut. Hal itu melanggar UU Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009. Dalam pasal 32, ayat 1 menyebutkan fasilitas kesehatan baik swasta dan pemerintah dilarang menolak pasien dalam keadaan darurat.

Di Hari Ibu ini, saya juga mengajak para Ibu dan kaum perempuan, selain menjadi kekuatan utama dalam keluarga, harus turut aktif dalam persoalan sosial, kebangsaan, dan negara. Seperti yang ditujukan oleh kaum perempuan yang berkongres di tahun 1928 itu.

Kaum perempuan jangan takut berpolitik. Masuklah ke partai politik, Ormas, LSM dan organisasi masyarakat sipil lainnya. Kaum perempuan dapat menjadi kekuatan politik yang dapat membawa negara dan bangsa ini tetap di jalur demokrasi. Dan mempercepat bangsa dan negara ini menuju cita-citanya, menuju keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kepada para ibu, saya ucapkan terima kasih karena telah mengasihi, membimbing, serta membesarkan anak-anaknya. Selamat Hari Perempuan, selamat Hari Ibu.

Jakarta, 22 Desember 2017

Dr. Ribka Tjiptaning P AAK

Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PDI Perjuangan

Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan
(0818921319)








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.