Manusia yang semasa hidupnya dinistakan oleh manusia lainnya, justru menjadi mulia setelah kematiannya. Salah satu contoh manusia mulia itu adalah sosok Jesus Christ. Dia dibantai di tiang salib oleh pasukan yang memuja tuan penguasa di zamannya.

Ada lagi sosok manusia mulia macam Gus Dur yang dinistakan oleh pasukan tuan yang justru tidak punya kuasa. Gus Dur yang punya kuasa macam Raja justru tidak mau menggunakan kekuasaan itu hanya karena alasan kemanusiaan. Sungguh mulia engkau Gus Dur.




Yang terakhir dan sosok ini adalah living legends, dia adalah Ahok yang mencoba mendidik rakyat miskin agar berdaya dan ikut mikir bagaimana keluar dari kemiskinan bersama pemerintahan di bawah kendali Ahok.

Tapi, karena miskin itu sangat dekat dengan kebodohan, maka apa yang coba dilakukan oleh Ahok justru dinistakan. Hanya karena tuan-tuan yang memegang kekuasaan agama tidak terima dengan latar belakang Ahok yang kafir tapi cerdas.

Maka, serangan bertubi-tubi dilancarkan untuk membungkam Ahok dan hasilnya adalah penjara nista lagi biadab.

Itulah manusia mulia. Mereka tidak butuh pengakuan macam manusia sampah yang menggunakan segala macam cara hanya untuk mendapatkan pengakuan.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.