IMANUEL SITEPU. DELITUA. Anggota DPRD SU (Darmawansyah Sembiring SE) mempertanyakan perihal dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, melalui jalur aspirasi yang diajukan oleh anggota dewan tersebut beberapa bulan lalu karena tak kunjung dicairkan oleh pihak BRI Cabang Delitua.

“Di beberapa sekolah lain telah terealisasi. Sementara untuk beberapa kasus seperti sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Biru-biru, seperti SDN 101814 Peria-ria atau juga SD Santa Maria Penen, hingga saat ini belum juga cair. Makanya perlu saya pertanyakan,” kata anggota legislatif dari Partai PDIP ini kepada Buk Hetty selaku Supervisor Bank BRI Cabang Delitua, saat melakukan kunjungan [Rabu 27/12].







Menurut Darmawansyah Sembiring SE, permasalahan ini ia temukan setelah menerima informasi dari masyarakat dan hasil investigasi yang dilakukan oleh stafnya.

“Dari hasil penelusuran yang kami lakukan, ternyata kendalanya ada pada pihak Bank. Setiap kali pihak sekolah mempertanyakan proses pencairannya di Bank BRI Delitua, katanya pihak Bank selalu diminta untuk menunggu. Makanya saya perlu penjelasan,” tegas Darmawansyah Sembiring sedikit berang karena menilai pihak Bank BRI Delitua kurang mendukung Program Presiden Jokowi.




Menurutnya, sesuai jadwal, harusnya dana tersebut sudah dicairkan Bank paling lambat pada bulan Desember 2017.

Namun, entah apa sebabnya, hingga sekarang Bank BRI Cabang Delitua belum memproses pencairan.

Mendapat pertanyaan dari Darmawansyah Sembiring, Buk Hetty bersama salah satu karyawan bernama Frida mengaku kalau setiap hari pihaknya menyalurkan dana PIP.

“Bukan tidak kami cairkan, pak. Setiap hari kami melayani penerima PIP. Memang beberapa sekolah mengalami kendala karena berkas siswa penerima PIP sudah menumpuk di sini. Belum lagi pihak penerima PIP sulit untuk di hubungi,” ujarnya membela diri.

 

Meski telah mendapat penjelasan dari pihak Bank, anggota DPRD SU yang duduk di Komisi D ini mengaku tidak mau tahu. Darmawawansyah Sembiring pun meminta agar pihak Bank segera meralisasikan seluruh dana PIP yang belum tersalurkan paling lambat pada bulan Januari 2018.

Foto Header: Anggota DPRD SU (Darmawansyah Sembiring SE) saat mendatangi Kantor BRI Cabang Delitua.





Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.