BASTANTA P. SEMBIRING. MEDAN. Di penghujung tahun 2017, Kecamatan Medan Selayang  menorehkan penghargaan  yang sangat membanggakan. Kecamatan yang dipimpin oleh Sutan Tolang Lubis SSTP MSP ini berhasil keluar sebagai  juara pertama Kecamatan Terbaik Untuk Tingkat Kota Se-Sumatera Utara tahun 2017.

Atas keberhasilan tersebut, Medan Selayang mendapatkan Tunggul Kehormatan Kecamatan Terbaik serta tanda penghargaan berupa piagam, tropi dan uang pembinaan.

Penyerahan Tunggul Kehormatan Kecamatan Terbaik dilakukan oleh Gubsu (Ir H T Erry Nuradi) disaksikan oleh Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi), Kapolrestabes Medan (Kombes Pol  Dadang Hartanto), Wakil Ketua DPRD Medan (H Iswanda Nanda Ramli), sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Medan serta undangan lainnya.







Juara ke dua diraih Kecamatan Binjai Utara (Kota Binjai) dan Kecamatan Padang Hulu (Kota Tebinggi Tinggi) keluar sebagai juara ke tiga.

Prosesi penyerahan  Tunggul Kehormatan diawali dengan upacara, Gubsu bertindak sebagai pembina upacara, sedangkan Camat Medan Tuntungan Gelora Kurnia Putra Ginting SSTP MSP menjadi  komandan upacara.

Dalam sambutannya, Gubsu mengatakan,  tujuan penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik ini dilakukan guna memotivasi seluruh kecamatan yang ada di Sumut agar mereka berkompetisi  untuk menunjukkan prestasi terbaik. Bagi kecamatan yang hari ini keluar sebagai juara, Gubsu berharap dapat menginspirasi dan  contoh bagi kecamatan lainnya.

Gubsu menjelaskan,  pemilihan kecamatan terbaik ini dilakukan melalui  berbagai aspek seperti penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, termasuk tingkat partisipasi masyarakat yang ada di kecamatan tersebut. Untuk aspek penyelenggaraan pemerintahan, salah satunya penerapan pelayanan administrasi terpadu.

Kemudian, tambah Gubsu lagi, menyangkut aspek pembangunan yang telah dilakukan serta tingkat partisipasi masyarakat.

“Terkait mengenai tingkat partisipasi masyarakat, tidak terlepas dari leadership camat bersangkutan.  Berdasarkan sejumlah kriteria inilah kita selanjutnya melakukan penilaian dan akhirnya menetapkan Kecamatan Medan Selayang sebagai juara pertama,” kata Gubsu.

Sebelumnya papar Gubsu, seluruh kecamatan yang ada di Sumut telah diseleksi lebih dulu di tingkat  kabupaten dan kota.  Selanjutnya, masing-masing pemenang dikirimkan untuk mengikuti seleksi kembali di tingkat Provinsi Sumut guna ditetapkan kecamatan mana yang keluar sebagai Kecamatan Terbaik se-Sumut tahun 2017.

Dikatakan oleh mantan Bupati Serdang Bedagai ini, kecamatan terbaik ini akan dikirimkan mewakili Provinsi Sumut apabila pemerintah pusat menggelar even yang sama untuk level nasional.

“Kita harapkan kecamatan terbaik ini  dapat mengukir prestasi lagi apabila mengikuti even di tingkat nasional nantinya,” harapnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) sangat mengapresiasi atas keberhasilan Medan Selayang keluar Kecamatan Terbaik Tingkat Kota se-Sumut 2017. Dia berharap keberhasilan ini semakin memotivasi seluruh jajaran Kecamatan Medan Selayang  untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya, terutama dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat.

“Kembali saya mengingatkan, sebagai abdi negara sekaligus pelayan masyarakat, kita harus selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jadikan keberhasilan ini sebagai motivasi untuk semakin meningkatkan kinerja. Dengan pelayanan terbaik yang diberikan, insya Allah masyarakat akan mendukung penuh seluruh program yang kita jalankan,”  pesan Wali Kota.

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu  berharap, keberhasilan yang diraih Kecamatan Medan Selayang ini dapat menjadi spirit bagi kecamatan lainnya  untuk terus berbenah  dan berkompetisi menjadi yang terbaik ke depannya.

“Teruslah bekerja keras, berkreasidan berinovasi  serta selalu ikhlas dalam melayani, semoga giliran kecamatan lainnya keluar sebagai juara pertama pada even selanjutnya,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Medan Selayang (Sutan Tolang Lubis) didampingi Sekcam (Odi Batubara) mengatakan, selain kerja keras seluruh jajaran Kecamatan Medan Selayang, keberhasilan ini diraih tidak terlepas dari dukungan penuh Polsekta Medan Sunggal dan Koramil 07 Medan Tuntungan serta seluruh masyarakat.

“Kita selama ini terus bersama-sama bekerja keras untuk menjadikan Kecamatan Medan Selayang menjadi yang terbaik di Sumut. Tentunya ini menjadi tantangan dan tanggung jawab yang cukup berat bagi  kami. Namun berkat kerjasama dan dukungan yang diberikan, alhamdulillah kita berhasil mewujudkannya,”  jelas Sutan.

Selain itu Sutan mengungkapkan, keberhasil ini juga tidak terlepas dari masukan dan bimbingan yang selama ini terus diberikan Wali Kota untuk terus memajukan kecamatan yang memiliki luas sekitar 2.379 hektar dengan 6 kelurahan serta 63 lingkungan tersebut.

“Dukungan dan motivasi yang selalu diberikan Bapak Wali kota membuat kita semakin termotivasi untuk selalu berbuat yang terbaik,” ungkapnya.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.