ADINDA DINDA. MEDAN. Walikota Medan (Drs. H T Dzulmi Eldin S MSi) bersama General Manager (GM) PT PLN Wilayah Sumatera Utara Feby Joko Priharto meresmikan Gardu Hubung Lapangan Merdeka Medan kemarin [Rabu 27/12] di Lapangan Merdeka Medan.

Ditandai dengan penekanan tombol sirene, Walikota berharap dengan diresmikannya Gardu Hubung Listrik di kawasan Lapangan Merdeka ini bisa menambah suplay daya listrik yang dapat memberikan dukungan kenyamanan bagi masyarakat Kota Medan; termasuk yang ada di sekitar Lapangan Merdeka Medan. Dengna begitu, Kota Medan pun nantinya tidak akan gelap lagi.

Pembangunan Gardu Hubung Lapangan Merdeka ini dalam rangka peningkatan kehandalan kelistrikan Zero Down Time (kawasan tanpa padam) di daerah Pusat Kota Medan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan khususnya di pusat perkotaan kota medan sebagai kota metropolitan.







“Yang kita resmikan ini adalah bagian pendukung dari program nasional 35.000 MW yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Tidak hanya di kawasan Lapangan Merdeka saja, nantinya juga akan kita perluas jaringan Gardu Hubung di kawasan lainnya seperti di Kawasan Industri Medan, daerah Selatan Medan, serta beberapa titik strategis lainnya,” ujarnya.

Ke depan juga, sambung Eldin, akan ada teknologi-teknologi baru dari PLN yang akan mengatasi persoalan pemadaman listrik, seperti ketika ada kabel listrik yang putus karena insiden pohon tumbang, dapat dihubungkan antara satu sisi kabel dengan sisi kabel yang terputus lainnya, sehingga proses pemadaman pun hanya akan berlangsung selama beberapa menit saja.

“Jika kondisi pasokan listrik di Kota Medan aman dan tercukupi, semakin menarik minat para investor dari luar Kota Medan untuk yakin berinvestasi di Kota Medan,” harapnya didampingi Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M. Husni.

Gardu Hubung Lapangan Merdeka dibangun atas kerjasama Pemko Medan dengan PLN Area Medan di areal Lapangan Merdeka dengan luas lahan 6 x 10 m.




Sebelum dibangunnya Gardu Hubung ini, Gardu yang sudah ada tadinya hanya mampu melayani seputaran Lapangan Merdeka dengan 3 penyulang dari 2 gardu induk.

Setelah Gardu Hubung diresmikan, maka penyulang dapat melayani seputaran Lapangan Merdeka menjadi 8 penyulang dari 3 gardu induk dan 5 trafo Daya yaitu Gardu Induk Glugur, Gardu Induk Listrik dan Gardu Induk Titikuning.

Sementara itu GM PLN Wilayah Sumut Feby Joko yang didampingi PLN Manager Area Medan Agus Tri Sutanto menjelaskan daerah yang terdampak dari pembangunan Gardu Hubung lapangan merdeka adalah Jl. Palang Merah, Jl. Kesawan, Jl. Putri Hijau, Jl. Raden Saleh, Jl. Kereta Api, Jl. Perdana, Jl. Mesjid, seputaran Lapangan Merdeka dan seputaran Lapangan Benteng.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan Gelar Pasukan Pengamanan Pasokan Kelistrikan menghadapi Malam Tahun Baru 2018 di kota Medan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka.

“Dengan Pengoperasian GH lapangan Merdeka diharapkan penjualan KWH PLN diharapkan dapat meningkat dan Pelanggan semakin puas,” tutup Feby Joko.





Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.