Jangan takut untuk mendobrak kebiasaan lama dengan cara dan pemikiran yang keluar dari pakem. Apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi cukup beralasan; berpikir di luar “pakem” memang bukan hal yang mudah, butuh keberanian yang luar biasa.

Mereka-mereka yang berani melakukan aktivitas berpikir di luar “pakem” saat ini sedang berhadapan dengan berbagai model ancaman. Mulai dari persekusi, hingga penjara dan semua itu nyata di hadapan kita.

Saya menyaksikan upaya-upaya untuk membangun bangsa ini sangat besar di bawah kepemimpinan Jokowi. Cuman saja, kita juga perlu memperhatikan hak-hak kita sebagai warga negara. Jangan sampai diabaikan hanya karena alasan-alasan yang tidak konstitusional.

Apalagi President menyampaikan: “Jangan pernah takut untuk mendobrak kebiasaan lama.” Kebiasaan lama bangsa ini adalah selalu melibatkan urusan-urusan “private” ke dalam persoalan-persoalan publik.

Ketidakadilan sosial begitu nyata dan transparan di hadapan mata kita. Padahal Presiden sendiri sudah memberikan contoh bagaimana memisahkan urusan “Private” dan “Publik”. Namun, pejabat-pejabat di bawah presiden terutama di wilayah propinsi atau kota justru tetap mempraktekkan gaya-gaya lama yang tampil seperti raja-raja lokal yang titahnya mengalahkan Tuhan.

#Itusaja!








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.