Saat itu malam hari, meski belum terlalu larut. Di sebuah ruang tunggu praktek dokter spesialis kandungan dan kebidanan, tidak kurang belasan pasien yang rata-rata wanita sedang menunggu giliran diperiksa.


Tidak lama kemudian datang seorang laki-laki usia sekitar 40an bersama sepasang anak usia kurang lebih usia 4 tahun dan 6 tahun, sepertinya kakak beradik. Pria tersebut mengambil tempat duduk agak jauh dengan menyendiri di pojok ruang tunggu yang cukup luas. Terpancar jelas di wajahnya kesedihan dan kegelisahan. Sebaliknya sepasang anak-anaknya begitu ceria berlarian ke sana ke mari bercanda.







Dari mulai mengambil dan melemparkan majalah/ surat khabar yang memang disediakan sebagai bacaan sambil menunggu antrian, tampak jelas sorotan mata kemarahan para pasien lain yang merasa terganggu dengan ‘keliaran’ sepasang anak pria tersebut yang seolah tidak peduli dengan kenakalan anak-anaknya. Hingga puncaknya sepasang anak tersebut memecahkan salah satu pot bunga yang ada d imeja ruang tunggu. 

Salah satu pasien seorang ibu yang tidak mampu menahan emosinya menegur si pria: “Pak, tolong kendalikan putra putri bapak karena sangat mengganggu yang lain!” diikuti pandangan mata marah pasien-pasien lain yang setuju dengan teguran ibu tersebut.

Kaget, bagai tersadar pria tersebut berdiri dan meraih kedua putra putrinya ke dalam pelukannya kemudian dibawa ke tempatnya duduk sambil berkata: “E.. e.. maaf, bu, maaf…. Pikiran saya sedang kacau…”.

“Maafkan anak-anak saya yang tidak tahu ibunya meninggal beberapa menit lalu saat gagal melahirkan adik mereka. Maaf sekali lagi,” si pria melanjutkan keterangannya.

Permintaan maaf pria tersebut bagai petir menyambar di siang hari, Spontan merubah sikap dan sorotan mata kemarahan dari seluruh yang ada di ruangan berubah menjadi simpati dan keprihatinan mendalam.

Pesan moral: Hidup demikikan komplek dengan segala permasalahan masing-masing. Kita tidak tahu permasalahan yang dihadapi orang lain. Maka kita positive thinking dan menjaga sikap santun dan lembut adalah merupakan keharusan.

Selamat week end, happy nice day…………








Leave a Reply