“Facts are stubborn things; and whatever may be our wishes, our inclinations, or the dictates of our passion, they cannot alter the state of facts and evidence.”

John Adams, The Portable John Adams

Jika ditanya mengapa kamu begitu keras terhadap sebuah kepercayaan macam TUHAN yang dipercaya oleh milyaran manusia di atas planet ini, saya biasanya menjawab dengan enteng: “Tidak penting berapa milyar manusia yang percaya pada TUHAN kalau faktanya TUHAN memang tidak pernah ada.”

Silahkan anda mau percaya pada apapun yang hendak anda percaya, tapi tolong jangan paksa orang lain untuk percaya atas apapun yang anda percaya, “leave them alone“.

Fakta memang tidak punya agenda, apalagi agendanya cuman ingin memuaskan fantasi milyaran manusia. Fakta adalah fakta yang tidak bisa dimodifikasi dengan bahasa apapun. Makanya, mengapa sampai saat ini jumlah manusia yang berani menyampaikan sebuah fakta sederhana tidak banyak.

Dan, nampaknya akan seperti rumus yang pernah diajukan oleh George Bernard Shaw, bahwa hanya 2% populasi species manusia yang berpikir, 3% seolah-olah berpikir dan 95% dari mereka lebih baik mati dari pada mikir. Mungkin rumus ini sudah melewati proses uji material yang patent sehingga, jika rumus ini digunakan dalam group-group yang jumlahnya lebih kecil, tetap saja patent.

Siapapun bisa menghitung dengan menggunakan rumus sederhana di atas, selamat mencoba.

#Itusaja!








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.