Alibaba A.I. Labs Umumkan Kerja Sama Strategis dengan MediaTek tentang Inisiatif IoT

0
229

RANDALL LAZUARY. LAS VEGAS – Alibaba A.I. Labs, yang mengembangkan berbagai produk artificial intelligent (AI) konsumer dari Alibaba, dan MediaTek, perusahaan semikonduktor global yang beroperasi secara fabless, kemarin [Kamis 11/1] mengumumkan kerja sama strategis dalam bidang Internet of Things (IoT), termasuk protokol smart home, cip IoT yang dikustomisasi dan smart hardware AI.

Kerjasama itu bertujuan untuk mengembangkan dunia yang terhubung dalam era IoT.

Kedua pihak juga melansir solusi konektivitas Smartmesh perdana di Tiongkok. Produk itu mendukung teknologi terkini, yakni many-to-many Bluetooth mesh, guna mempercepat penggunaan teknologi tersebut dalam sektor smart home.




Solusi ini, berbasis protokol IoT yang dikembangkan sendiri oleh Alibaba A.I. Labs yakni IoTConnect dan cip Bluetooth yang dikembangkan oleh kedua pihak secara bersamaan, membuat perangkat smart home bisa terhubung secara otomatis dengan Tmall Genie, voice-controlled smart assistant pertama yang dibuat Alibaba A.I. Labs. Dengan demikian, teknologi ini menghasilkan ekosistem smart home yang dikendalikan Tmall Genie.

Miffy Chan, Head, Alibaba A.I. Labs, berkomentar: “Kami gembira karena bisa bekerja sama dengan MediaTek guna menjajaki ekosistem IoT. Keahlian AI dan cloud computing kami, berikut dengan teknologi termutakhir MediaTek dalam desain cip, menjadi keuntungan istimewa bagi solusi konektivitas buatan kami pada bidang smart home. Hal ini menawarkan manfaat nyata bagi berbagai konsumen di Tiongkok dan menjadi landasan bagi dunia yang lebih terhubung lewat inovasi.”

Jerry Yu, Corporate Vice President & General Manager, Home Entertainment Business Group, MediaTek bilang: “MediaTek senang bekerja sama dengan Alibaba A.I. Labs dalam membuat ekosistem voice-controlled smart home. Kerja sama ini terjalin setelah keberhasilan besar dalam menghadirkan Tmall Genie X1.”

“Pasar smart home tengah mengalami pertumbuhan pesat sejalan dengan perkembangan teknologi. Dengan keunggulan MediaTek dalam konektivitas dan baseband, komputasi dan multimedia, berpadu dengan daya saing Alibaba dalam cloud computing dan AI, kami meyakini kerja sama ini akan menjadi tonggak penting pengembangan era IoT,” tambah Yu.

Kerja sama ini terjalin setelah kolaborasi sukses menyangkut Tmall Genie. Saat itu, MediaTek memasok teknologi cip. Alibaba A.I. Labs melansir smart home assistant pada Juli tahun lalu, bertujuan menghadirkan interaksi terbaru bagi para konsumen Tiongkok. Lebih dari satu juta perangkat Tmall Genie terjual di Tiongkok selama ajang Global Shopping Festival diadakan Alibaba pada 11 November tahun lalu.

IoTConnect merupakan protokol konektivitas terbuka berdasarkan standar Bluetooth mesh untuk produsen smart hardware dan perangkat smart home. Berbagai smart devices yang memakai protokol ini dapat terhubung secara otomatis dengan Tmall Genie. Protokol ini bertujuan mempromosikan standar konektivitas yang terpadu (unified) dan mengembangkan ekosistem voice-controlled smart home.

Solusi Smartmesh mendukung Bluetooth mesh networking dan fitur Bluetooth 5 oleh Bluetooth Special Interest Group (SIG), lembaga yang mengawasi pengembangan standar Bluetooth. Bluetooth SoC (system-on-chip) yang dikustomisasi – MT7581 dan MT7583 – telah memiliki teknologi Bluetooth smart mesh, fitur automatic pairing, koneksi cepat dan konsumsi daya baterai yang rendah. Dua SoC ini akan siap dipasarkan pada semester II tahun ini.











Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.