Menikmati Keindahan dan Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga di Danau Linting dan Sekitarnya.

Laporan Reporter Sora Sirulo

RAIDI BARUS

dari dari Senembah Tanjung Tanjung Muda (STM) Hulu 

 

Apakah Anda pernah mendengar Danau Linting? Atau bahkan sudah pernah mengunjunginya? Danau Linting merupakan danau air panas yang terletak di antara Desa Gunung Manupak dan Desa Sibunga-bunga. Kira-kira letaknya 500 m dari kedua desa ini, tidak jauh dari jalan besar, hanya berjarak 200 m. Lokasinya juga hanya berjarak 4,5 km dari Desa Tiga Juhar, Ibu Kota Kecamatan Senembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang.


Konon, danau ini dahulu adalah Gunung Berapi yang meletus dan membentuk kawah. Ini dapat kita lihat dari tempatnya yang unik, terletak lebih tinggi dibandingkan tempat-tempat di sekitarnya.




Saat ini, Danau Linting sudah menjadi objek wisata dan dikelola oleh Pemkab setempat. Keramaian sudah mulai terlihat setiap hari Sabtu dan Minggu ataupun pada hari-hari libur lainnya.

Total luas beserta daratan danau yang hanya sekitar 2-3 hektar ini, tidak termasuk tempat yang luas sebagai tempat wisata. Tidak jauh dari danau ini ada mata air panas yang dapat merebus telur ayam hingga setengah matang. Konon kabarnya pula, di sekitar danau ini ada gua yang katanya masih angker.

Hanya butuh waktu 1 1/2 jam untuk sampai di tempat wisata ini dari Kota Medan, melalui jalan Delitua – Talun Kenas – Tiga Juhar. Dapat pula ditempuh dari Medan – Amplas -Patumbak – Talun Kenas – Tiga Juhar, atau dari Lubuk Pakam – Bangun Purba – Tiga Juhar.

Bagi Anda yang suka travelling, tidak akan mengecewakan, karena di sekitar objek wisata ini masih ada lagi objek-objek Wisata lain yang dapat anda kunjungi. Seperti Sampuren Pelangi/ Sibenteha. Air terjun ini berjarak 6 km di Desa Tanjung Timur. Ada Titi Gantung Lau Luhung, 5 km di Desa Durin Tinggung. Ada pula tempat Pemandian Air Terjun Lau Lutih, 7 km di Desa Tanjung Raja, 1,5 km Lau Luhung.

Masih ada beberapa tempat lain yang belum penulis sebutkan di sini. SELAMAT BERWISATA.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.