[Sirulo TV] Gebyar Budaya Karo 28 April 2018 di Kedubes RI Den Haag

0
636

LORETA KAROSEKALI. DEN HAAG. Gebyar Budaya Karo (Indonesia) akan dilaksanakan di akhir bulan April nanti [Sabtu 28/4] di Aula Nusantara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tobias Asserlaan, Den Haag (Belanda).

“Acara ini sekaligus dirangkaikan dengan peresmian Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) untuk Negeri Belanda dan pelantikan para pengurusnya,” demikian disampaikan oleh Ketua DPD HMKI Belanda (Kinok Surbakti) kepada Sirulo TV saat mendeklarasikan rencana pelaksanaan acara ini usai rapat para pengurus di Kantor DPD HMKI Belanda, di Kota Voorburg [Sabtu 13/1].




Kinok Surbakti didampingi oleh para pengurus lainnya (Sukma Pinem, Eva Sembiring, Rina Ginting, Jos Kakamona Sinuraya, Kristi Tarigan) lebih lanjut menjelaskan, untuk pelantikan DPD HMKI Belanda, akan datang serombongan Dewan Pengurus Pusat (DPP) HMKI seperti halnya Edi Ramon Torong (Ketua Umum), Prof. Masno Ginting (Sekretaris Umum) dan beberapa lainnya termasuk pengacara kondang Minola Sebayang.

Dari para pengurus lainnya didapat informasi bahwa acara ini akan menggaungkan budaya Suku Karo ke semua orang-orang Karo di Eropah dan orang-orang non Karo di Belanda; baik suku-suku lainnya yang berasal dari Indonesia maupun orang-orang Belanda.

“Kita juga mengundang organisasi-organisasi kesukuan lainnya yang berasal dari Indonesia seperti halnya Suku Batak, Suku Pakpak, Suku Simalungun, Suku Melayu, dan Suku Toraja,” kata Sekretaris DPD HMKI Belanda (Eva Sembiring).

Rudi Gurusinga akan bertindak sebagai pemain kibot untuk mengiringi tarian bersama dan giliran menyanyi pada acara kesenian bebas. Kedatangan Rudi adalah sebagai bantuan DPP HMKI dari Jakarta ke DPD HMKI Belanda.

Selain itu, orang-orang Karo yang ada di Belanda akan menampilkan berbagai tarian tradisional dan musik tradisional yang dimainkan secara live.

“Beberapa orang Belanda akan dilatih memainkan ketteng-ketteng untuk tampil secara beramai-ramai. Tarian Guru khususnya menjunjung keranjang baka akan ditampilkan,” kata Kristi Tarigan yang menangani pertunjukan seni tradisional Karo bersama Juara R. Ginting.

Sirulo TV juga mendapat informasi dari para pengurus kemungkinan akan hadirnya 2 seniman wanita Karo dari Indonesia, yaitu Murni br Surbakti dari Bali dan Ita Apulina Tarigan dari Tangerang. Murni akan menjadi penyanyi utama dalam acara ini sedangkan Ita Apulina Tarigan akan memimpin latihan terakhir dari penampilan ketteng-ketteng yang dimainkan oleh orang-orang Belanda.

Sirulo TV belum mendapat konfirmasi atas kedatangan Murni br Surbakti, akan tetapi telah menerima konfirmasi kedatangan Ita Apulina br Tarigan.

“Saya akan tiba 2 minggu sebelum acara agar bisa memimpin latihan terakhir beberapa kali sebelum penampilan dan kemudian langsung kembali ke Indonesia besok lusanya ke Indonesia,” kata Ita Apulina Tarigan yang juga Pemimpin Redaksi SORA SIRULO ini.

Video Sirulo TV di bawah berisikan wawancara Sirulo TV dengan para pengurus DPD HMKI Belanda mengenai sejauh mana persiapan mereka untuk acara ini.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.