EMMY F. PURBA. JAKARTA. Perpulungen Karo Katolik Sejabodetabek melaksanakan acara Perayaan Natal Karo Katolik Sejabodetabek yang bertempat di Gedung Pertemuan Cut Nyak Dien, Cibubur, Jawa Barat [Minggu 14/1].


‎Acara ini mengusung tema “O kam si Kukelengi, sikeleng-kelengenlah kita. Sebab kekelengen e rehna ibas Dibata nari kap. Kalak si erkeleng ate, anak Dibata kap ia janah tandaina Dibata” (1 Yohanes 4:7). Sedangkan subtema adalah “Ibas perayaan ketubuhen Tuhan Yesus Kristus enda, mari dage sicidahken keleng ate sesama kita manusia lako memperteguh perkade-kadenta“.

‎Adapun susunan panitia perayaan natal ini dipegang oleh Perpulungen Karo Katolik Wilayah Pondok Gede: Jamsen Hermanus G (‎Ketua Umum), Nerwan Putra Liwan Tarigan (Sekretaris Umum), Latersia Lidwina br Tarigan (Bendahara Umum).

‎Acara ini berlangsung meriah. Terlihat semua tamu undangan menikmati acara dan konsumsi yang disediakan panitia. Acara dimeriahkan pula oleh bintang tamu Bayang Tobat Sebayang dan Seniwati Br Ginting.

‎Panitia berinisiatif melakukan beberapa perubahan pada perayaan natal kali ini. Yang pertama adalah perubahan lokasi pelaksanaan dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya setiap perayaan natal Karo Katolik diadakan di Jambur Simalem, Cibinong. Tapi kali ini panitia mengadakan di Cibubur, Jawa Barat.




Sekretaris Umum Panitia (Nerwan Putra Liwan Tarigan) menjelaskan bahwa akses ke Cibubur jauh lebih mudah dibandingkan ke Cibinong. Diharapkan lokasi baru ini lebih meminimalisir alasan undangan tidak hadir karena lokasi jauh, macet, transportasi susah dll. Niat baik panitia ini berhasil dengan baik, tamu undangan datang lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Namun beliau mengisahkan sedikit masalah yaitu kurangnya konsumsi karena kehadiran undangan melebihi dari tahun-tahun sebelumnya dan diluar perkiraan panitia. Nerwan Tarigan mengatakan, permintaan maaf kepada semua undangan atas kelalaian tersebut dan segera mengatasi dengan cepat di lapangan.

‎Inisiatif panitia yang ke dua adalah, diadakannya lomba fashion show Pakaian Adat Karo dan festival koor lagu rohani Karo antar wilayah. Tujuannya untuk memperkenalkan pakaian adat Karo kepada anak-anak muda Katolik atau OMK serta memperkenalkan lagu-lagu rohani Karo.

‎Nerwan Tarigan menjelaskan bahwa secara umum, tujuan acara natal ini adalah untuk mempererat kekerabatan anggota Karo Katolik Sejabodetabek, Saling mengenal antar anggota OMK.

“Puji Tuhan kalo ada yang bertemu jodohnya di acara ini,” ujar ibu Sri Dewi Br Pelawi sambil tertawa.

Beliau adalah salah satu tamu undangan. Menurut Ibu Dewi, acara ini sangat meriah dan menyenangkan.




‎Selanjutnya, Nerwan Tarigan menjelaskan bahwa acara ini berhasil dengan baik sesuai dengan harapan panitia. Para panitia mempersiapkan acara ini dengan sangat matang, mereka melakukan rapat-rapat dan perencanaan selama 7 bulan sebelumnya. Dan saling mengkoordinasikan hasil-hasil rapat melalui sharing disetiap pertemuan di dalam maupun di luar rapat.

‎”Dengan adanya acara ini, diharapkan juga bisa memperkenalkan budaya Karo kepada anak-anak kita. Sehingga ketika sudah besar nanti, mereka tidak melupakan identitas budaya mereka apalagi yang sudah lahir dan tinggal di perantauan,” tutup Nerwan Tarigan.

‎Selamat sekali lagi kepada panitia. Semoga bisa sukses kembali untuk mempersiapkan perayaan Paskah pada bulan April nanti.










Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.